Apple Update iOS 18, Intip Fitur Baru dan Daftar iPhone yang Kebagian

Rika Anggraeni
Senin, 6 Mei 2024 | 11:36 WIB
iPhone 15 yang dijual di gerai Apple Fifth Avenue, New York, Amerika Serikat pada Jumat (22/9/2023). - Bloomberg/Gabby Jones
iPhone 15 yang dijual di gerai Apple Fifth Avenue, New York, Amerika Serikat pada Jumat (22/9/2023). - Bloomberg/Gabby Jones
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Apple bersiap mengungkapkan pembaruan atau update perangkat lunak iOS 18 untuk iPhone bulan depan dalam Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024. Apple tampaknya bersiap untuk memperkenalkan salah satu perombakan iOS terbesar yang pernah ada.

Sistem operasi mobile Apple yang akan datang alias iOS 18 dikabarkan akan membawa banyak fitur baru yang didukung oleh kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Bocoran Fitur Baru Update iOS 18

Dilansir dari The Indian Express, Senin (6/5/2024), berikut adalah bocoran update iOS 18 milik Apple:

1. Siri dan Safari yang Didukung AI

CEO Apple Tim Cook sudah menjelaskan bahwa iOS 18 akan mengemas beberapa fitur baru yang didukung oleh AI. Meski tak membagikan informasi tentang apa yang bisa menjadi fitur-fitur tersebut, laporan terbaru dari AppleInsider menyarankan bahwa fokusnya akan pada peningkatan Siri yang merupkan asisten suara default di iPhone.

Rumornya, Siri akan segera dapat menganalisis dan merangkum teks dengan aplikasi Pesan. Menurut Bloomberg, asisten suara tersebut mungkin juga akan mendapatkan kemampuan untuk mengisi teks secara otomatis dalam Pesan, menjawab pertanyaan kompleks, dan integrasi aplikasi Shortcuts yang diperbaiki untuk mengotomatisasi tugas-tugas kompleks.

Publikasi tersebut sebelumnya juga telah mengisyaratkan bahwa Apple sedang mengerjakan fitur "Pencarian Cerdas" untuk Safari yang mungkin memungkinkan pengguna iPhone untuk dengan cepat merangkum halaman web menggunakan model bahasa besar AI buatan dalam negeri Apple atau Ajax. Ajax juga dikabarkan akan memberi tahu pengguna sebelum mengakses data Anda dari Safari dan Pesan.

2. Dukungan RCS

Selama bertahun-tahun, Apple telah tetap setia dengan iMessage propieternya, tetapi awal tahun ini, raksasa teknologi tersebut mengumumkan akan mendukung protokol Rich Communication Services (RCS) dengan iOS 18. Artinya, pengguna iPhone akan segera dapat menggunakan perangkat Android dan berbagi video dalam kualitas tinggi.

3. Revamp Visual

Rumor lain juga menyebut bahwa iOS 18 mungkin akan mengambil beberapa inspirasi dari visionOS, perangkat lunak yang menggerakkan Apple Vision Pro. Jika rumor ini benar, maka pengguna akan melihat beberapa modifikasi elemen seperti ikon-ikon lingkaran, antarmuka pengguna transparan yang menyatu dengan sistem operasi, dan pusat kontrol yang diperbarui.

Pembaruan ini juga dikatakan akan membawa beberapa fitur kustomisasi baru seperti lebih banyak kontrol atas susunan ikon aplikasi dan kemampuan untuk membuat ruang kosong, baris, dan kolom di layar utama.

Daftar iPhone yang Kebagian Update iOS 18

Meski Apple belum membagikan daftar perangkat yang didukung, dikabarkan bahwa setiap ponsel yang diluncurkan setelah iPhone 11 layak mendapatkan iOS 18. Dengan kata lain, pembaruan iOS 18 masih bisa ditemukan di seri iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13, iPhone 14, iPhone 15, dan iPhone SE (generasi ke-3).

Adapun, Apple akan mengungkapkan pembaruan iOS 18 di WWDC 2024 yang dijadwalkan akan berlangsung pada 10 Juni 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper