Samsung dan O2 Telefonica Luncurkan vRAN di Jerman

Rahmad Fauzan
Kamis, 2 Mei 2024 | 19:57 WIB
Ilustrasi konentivitas internet/unsplash
Ilustrasi konentivitas internet/unsplash
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Samsung Electronics dan O2 Telefónica hari ini meluncurkan situs komersial RAN virtual (vRAN) dan Open RAN pertama mereka di Jerman.

Situs yang beroperasi di Landsberg am Lech, Bavaria, ini menyediakan layanan jaringan 4G dan 5G dengan kinerja tinggi dan andal kepada pengguna.

Chief Technology & Information Officer of O2 Telefónica Mallik Rao menjelaskan Open RAN adalah blok bangunan untuk mengotomasikan serta menyebarkan pembaruan dengan lebih cepat menggunakan komponen jaringan yang lebih fleksibel.

“Bersama dengan Samsung, kami memanfaatkan Open RAN terbaru di jaringan seluler kami. Kami mengintegrasikan solusi jaringan baru untuk menyediakan konektivitas yang luar biasa bagi pelanggan,” kata Rao dikutip dari siaran pers, Kamis (2/5/2024).

Dijelaskan lebih lanjut, Open RAN memungkinkan jaringan seluler menjadi lebih fleksibel, di mana operator dapat menggabungkan komponen jaringan penyedia berbeda dan mengintegrasikannya ke dalam jejaring mereka.

Sementara itu, vRAN membantu penerapan arsitektur cloud-native, memungkinkan operator memperbaiki fungsi otomasi, serta memperkenalkan teknologi dan layanan baru ke jaringan mereka dengan cepat dan efisien.

Untuk penerapan awal, Samsung menawarkan solusi 4G dan 5G vRAN 3.0 dan radio sesuai dengan O-RAN yang mendukung pita rendah dan menengah (700MHz, 800MHz, 1.8GHz 2.1GHz, 2.6GHz dan 3.6GHz), termasuk 64T64R Radio MIMO besar-besaran.

Wakil Presiden Eksekutif, Kepala Penjualan & Pemasaran Global, Bisnis Jaringan di Samsung Elektronik, Junehee Lee, mengatakan kerja sama ini bersamaan dengan penerapan inovasi standar baru vRAN dan Open RAN dalam industri telekomunikasi.

“Samsung menetapkan standar baru untuk keunggulan dalam industri telekomunikasi dengan kemampuan vRAN dan Open RAN kami yang inovatif,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper