Telkom (TLKM) Gandeng Perusahaan Jepang, Terapkan AI untuk Sektor Pertanian

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 2 April 2024 | 06:00 WIB
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) bekerja sama dengan perusahaan asal Jepang, Scala, dalam mengakselerasi ekosistem digital di sektor pertanian. Salah satunya adalah penerapan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). 

Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid mengatakan kerja sama ini menjadi salah satu jawaban untuk mengatasi berbagai tantangan di sektor pertanian, salah satunya terkait ketahanan pangan. 

Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki potensi besar dalam sektor pertanian. Namun, tantangan seperti keterbatasan akses pasar, kurangnya informasi harga dan permintaan, serta inefisiensi rantai pasok dan distribusi masih menjadi kendala bagi para pelaku usaha pertanian.

Kerja sama antara Telkom Indonesia dan Scala Jepang turut mempercepat misi perusahaan mengakselerasi ekosistem digital di sektor pertanian Indonesia. 

“Pemanfaatan teknologi terdepan seperti Artificial Intelligence, Internet of Things, dan Big Data Analytics, akan meningkatkan produktivitas, meningkatkan ketahanan pangan Indonesia, dan yang paling penting akan membuka peluang baru dalam pertanian,” kata Fajrin, dikutip Selasa (2/4/2024).

Kolaborasi Telkom Indonesia dan Scala Jepang diproyeksikan dapat memperkuat ekosistem agrikultur digital di Indonesia, salah satunya melalui layanan farm management. 

Layanan ini fokus mengorganisasi aset-aset pertanian yang ada, guna mendorong kapasitas produksi dan mengefisiensikan proses bisnis perusahaan-perusahaan agrobisnis. 

Selain itu, dengan memanfaatkan platform Agree, Telkom Indonesia dan Scala Jepang juga berencana mengeksplorasi usaha baru dalam bisnis agrikultur, dengan fokus awal pada bisnis pasar induk virtual.

"Kemitraan strategis antara Telkom Indonesia dan Scala Jepang akan menciptakan solusi berkelanjutan untuk memberdayakan petani dan menjamin ketersediaan pangan bagi generasi mendatang,” kata Direktur & Presiden Scala Jepang Norikatsu Nagino.

Telkom Indonesia melalui platform Agree fokus dalam mengatasi berbagai tantangan agrikultur. Agree dirancang sebagai sebuah ekosistem komprehensif yang dirancang untuk menjadi katalis bagi pertanian berkelanjutan. 

Melalui kemampuan terintegrasi, Agree Farm Management dan Agree Marketplace telah memberdayakan petani, perusahaan agribisnis, dan setiap pemangku kepentingan dalam rantai nilai untuk berkembang di era digital. 

Hingga 2023, Agree telah digunakan oleh lebih dari 29.000 petani, peternak, dan pembudidaya. Agree juga telah menjalin kolaborasi dengan lebih dari 280 mitra perusahaan agribisnis atau off taker dan buyer.

Sementara itu, Scala merupakan perusahaan IT berbasis co-creation dari Jepang yang memperluas inisiatif bisnisnya ke regional Asia dan global, terutama dalam industri agrikultur, pendidikan, dan kesehatan.

Dalam industri agrikultur, Scala telah mengembangkan model penilaian kredit bagi petani dan membangun infrastruktur koperasi digital di beberapa negara di Asia.

Telkom membukukan pendapatan Rp37 triliun dari segmen enterprise, wholesale international, dan data center pada 2023. 

Dari segmen Wholesale dan Internationl, perusahaan meraup pendapatan Rp16,9 triliun tumbuh 9,6% YoY. Pertumbuhan dikontribusi oleh bisnis layanan suara wholesale internasional dan bisnis infrastruktur digital. Sementara itu dari segmen enterprise, Telkom membukukan pendapatan sebesar Rp18,2 triliun dan data center sekitar Rp1 triliunan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper