7 Game Paling Terkenal di Indonesia dan Asal Negaranya

Crysania Suhartanto
Kamis, 1 Februari 2024 | 15:43 WIB
Mobile Legend
Mobile Legend
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) tengah membuat regulasi yang mewajibkan publisher game atau penerbit gim memiliki badan hukum dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT) di Indonesia.

Regulasi menghadapi tantangan berat mengingat sekitar 98% gim yang beredar di Indonesia merupakan gim buatan asing.

CEO Digital Happiness Studio Rahmat Imron mengatakan jika regulasi ini benar diterapkan dan game yang tidak didistribusikan oleh distributor Indonesia akan diblokir, maka hal ini tidak akan adil bagi konsumen. 

Selain itu, Imron juga mempertanyakan kesiapan developer atau publisher lokal untuk mengisi kekosongan 98% game yang ada di pasar.

Dikutip dari App Figures, berikut ini 7 gim mobile dengan jumlah unduhan terbanyak di Indonesia pada Januari 2024 dan asal negaranya.

1. Mobile Legends: Bang Bang - China

Game multiplayer online battle arena ini merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh baik di Google Play ataupun iOS App Store. 

Mobile Legend: Bang Bang atau yang sering disebut ML atau MLBb merupakan gim karya Moonton, anak perusahaan dari ByteDance. Perusahaan asal China ini sebenarnya sudah lahir sejak 2014, tetapi MLBB baru dibuat pada November 2016.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2016, MLBB sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia dan pemain aktif bulanan sebanyak 100 juta. Saat ini MLBB juga aktif dimainkan di Indonesia, Malaysia, Singapura, Hong Kong, dan China. 

2. Free Fire: The Chaos & Free Fire MAX - Singapura

Mengutip Garena Free Fire Wiki, Garena Free Fire merupakan game battle royale yang dikembangkan oleh 11dots Studio dan diterbitkan oleh Garena International yang berbasis di Singapura. 

Gim Free Fire: The Chaos menempati posisi kedua sebagai gim paling banyak diunduh di Google Play. Sementara Free Fire MAX menempati posisi kelima sebagai game paling banyak diunduh di aplikasi yang sama. Namun, game yang satu ini berada di posisi 49 dan 62 di platform iOS App Store.

Free Fire telah mencetak rekor dengan lebih dari 1 juta pengguna aktif harian secara global. 

3. Roblox - Amerika Serikat

Gim segala umur ini pertama kali ditemukan pada 2004 oleh David Baszucki dan Erik Cassel di California, Amerika Serikat. 

Berdasarkan data dari App Figures, Roblox masuk 3 besar gim dengan jumlah unduhan terbanyak di Indonesia melalui platform Google Play dan 10 besar melalui platform iOS App Store.

Menurut data dari Active Player IO, setidaknya ada 1,1 juta pemain Roblox yang sedang aktif di seluruh dunia, dengan 212 juta pemain aktif bulanan.

Roblox
Roblox

4. Minecraft - Swedia

Gim petualangan Minecraft sebenarnya sudah ada sejak 2009 oleh perusahaan perangkat lunak Mojang asal Swedia.Gim ini pun menjadi terkenal karena memberikan kebebasan pada para pemainnya untuk membangun bangunan sesuai dengan keinginan mereka.

Walaupun aplikasi ini merupakan gim berbayar seharga Rp15.000, peminatnya masih cukup banyak. Minecraft berhasil menduduki peringkat keempat sebagai gim dengan jumlah undahan terbanyak di Indonesia menurut Google Play dan nomor 18 di iOS App Store.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper