TikTok Jalin Nusantara Targetkan Digitalisasi 500 UMKM

Reni Lestari
Selasa, 23 Januari 2024 | 22:40 WIB
Penandatanganan MoU antara TikTok Indonesia dan mitra strategis disaksikan Menparekraf Sandiaga Uno di Labuan Bajo, NTT, Selasa (23/1/2024). Bisnis/Reni Lestari
Penandatanganan MoU antara TikTok Indonesia dan mitra strategis disaksikan Menparekraf Sandiaga Uno di Labuan Bajo, NTT, Selasa (23/1/2024). Bisnis/Reni Lestari
Bagikan

Bisnis.com, MANGGARAI BARAT - Program Jalin Nusantara oleh TikTok Indonesia bergulir dengan inisiasi pertama berlangsung di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. 

Firry Wahid, Head of Public Policy & Government Relations TikTok Indonesia mengatakan program ini menyasar dampak terhadap 18.000 penduduk lokal dan 500 pelaku UMKM di Tanah Air. 

Program ini akan memberikan pelatihan keterampilan digital di 19 titik di Indonesia, terdiri atas 10 sentra ekonomi kreatif dan 9 destinasi pariwisata. 

Sebanyak 10 sentra ekonomi kreatif antara lain Samosir, Pekanbaru, Tangerang, Semarang, Yogyakarta, Malang, Banyuwangi, Balikpapan, Labuan Bajo, Jayapura. 

Sedangkan 9 destinasi pariwisata diantaranya, Desa Wisata Lumban Suhi-Suhi Toruan, Desa Wisata Jangga Dolok, Desa Wisata Raya Seribu Bunga, Desa Wisata Sait Buttu Asri, Desa Wisata Kampung Warna-Warni Tiga Rihit, Desa Wisata Lumban Bulbul, Desa Wisata Golo Loni, Ekraf Victory, Desa Wisata Ululoga. 

"Melalui program ini, kami berharap dapat membuka akses bagi UMKM dan wiraswasta untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital, sehingga pelaku UMKM dapat meningkatkan peluang mereka untuk berkembang dan meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi," kata Firry saat peluncuran program Jalin Nusantara di Labuan Bajo, NTT, Selasa (23/1/2024). 

Tidak hanya berfokus ke penguatan keterampilan digital, Jalin Nusantara juga menyediakan jaringan internet gratis di pusat-pusat komunitas di 9 destinasi pariwisata yangdimaksud dalam rangka mendukung pemerataan akses digital dan pemberdayaan masyarakat di wilayah pedesaan untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap program ini turut mendukung upaya pemerintah mendigitalisasi 30 juta UMKM dari total 60 juta unit usaha di seluruh Indonesia. 

"Target pemerintah untuk bisa mengkapitalisasi bonus demografi dalam 5 hingga 10 tahun ke depan bisa diakselerasi oleh digitalisasi di sektor UMKM. Harapan kami, pelaku ekonomi kreatif lokal nantinya dapat mengoptimalkan usaha mereka secara online dan tentunya bisa berkontribusi memberikan pengaruh bagi pertumbuhan ekonomi negara," kata Sandi. 

Peluncuran program ini juga seiring dengan penandatanganan MoU antara TikTok Indonesia dengan sejumlah mitra strategis diantaranya Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW), Platform Usaha Sosial (PLUS), dan Telkom Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Reni Lestari
Editor : Reni Lestari
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper