IBM Luncurkan Prosesor Kuantum 1.000 Qubit, Diklaim Tercepat di Dunia

Crysania Suhartanto
Selasa, 5 Desember 2023 | 20:25 WIB
IBM
IBM
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - IBM berhasil membuat proseseor kuantum 1.000 qubit yang pertama di dunia. Prosesor tersebut diklaim menjadi yang tercepat di dunia yang pernah dibuat.

Dilansir dari The Guardian, teknologi ini memungkinkan komputer untuk menyelesaikan masalah fisika, kimia, teknik, dan kedokteran hanya dalam hitungan menit.

Kemampuan tersebut jauh di atas rata-rata dibandingkan dengan menggunakan komputer klasik yang akan memakan waktu hingga jutaan tahun.

“Bahkan satu juga atau satu miliar superkomputer yang terhubung bersama tidak dapat melakukan penghitungan mesin masa depan ini,” ujar Direktur Penelitian IBM Dario Gil, dikutip dari The Guardian pada Selasa (5/12/2023).

Menurutnya, jika komputer klasik melakukan perhitungan menggunakan bit, yang dapat memiliki satu dari dua status (biasanya angka 1 atau 0), bit kuantum atau qubit dapat ada di banyak status secara bersamaan.

Proses kerja yang dilakukan prosesor baru itu memungkinkannya dapat memecahkan masalah lebih cepat dibandingkan dengan komputer klasik.

Namun, memang perlu diakui, chip 1.000 qubit IBM ini baru akan diujicobakan ke sebuah usecase sungguhan. 

IBM tengah memasang chip ini ke salah satu mesin di Klinik Cleveland, Ohio, Amerika Serikat untuk mencoba kecepatannya. Teknologi ini bahkan disebut-sebut dapat melihat struktur penyakit seperti kanker dan autoimunitas secara real-time.

Lebih lanjut, dikutip dari Nature, IBM mengatakan setelah meluncurkan chip 1.000 qubit ini, perusahaan mengembangkan mesinnya agar lebih akurat.

Sebagai informasi, walaupun quantum computer jauh lebih cepat dari komputer biasa, tetapi teknologi ini justru rentan akan kesalahan. Hal ini tidak terlepas dari keadaan quantum yang dapat berubah-ubah.

Untuk itu, para fisikawan sudah berusaha menyiasatinya dengan menggabungkan beberapa qubit fisik (physical qubit), yang masing-masing diproteksi dengan sandi di dalam sirkuit superkonduktor.

Selain itu, ilmuwan lain mengatakan akurasi akan meningkat jika komputerisasi memiliki lebih dari 1.000 physical qubit untuk setiap qubit logis (logical qubit). Adapun mesin yang bisa menghitung dengan akurat disebut butuh jutaan physical qubit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper