IBM Akuisisi Equine Global, Perkuat Posisi di Indonesia

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 31 Oktober 2023 | 14:13 WIB
Logo IBM/Reuters
Logo IBM/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - IBM (NYSE:IBM), perusahaan penyedia komputasi awan dan AI global, mengumumkan penandatanganan perjanjian definitif untuk mengakuisisi Equine Global, guna memperkuat posisi di pasar Indonesia. 

Akuisisi ini akan menambah sumber daya dan kemampuan IBM untuk membantu klien di Indonesia dalam memodernisasi bisnis inti, sambil terus meningkatkan transformasi hybrid cloud dan AI. 

Equine Global menjadi akuisisi pertama IBM yang berpusat di Indonesia, mempertegas komitmen IBM untuk mengembangkan jejaknya di Indonesia dan mendukung para klien dalam mewujudkan agenda transformasi digital. Equine Global adalah perusahaan ERP dan penyedia layananan konsultasi cloud yang berbasis di Indonesia

Managing Partner Indonesia IBM Consulting Deep Bhau mengatakan pengumuman hari ini akan menambah kemampuan IBM dalam memenuhi kebutuhan klien di Indonesia yang meningkat untuk layanan digital. 

“Kedekatan Equine Global dengan klien, aset lokal, dan pengalaman hybrid cloud akan menyokong IBM dalam membantu para klien untuk berinovasi dengan cepat, menggerakkan transformasi bisnis di Indonesia,” kata Bhau, dikutip Selasa (31/10/2023). 

Bhau mengatakan Indonesia merupakan pasar yang berkembang pesat, diiringi dengan digitalisi yang juga cepat. 

Pemerintah Indonesia telah merancang sebuah peta jalan untuk mencapai transformasi digital secara menyeluruh, yang mendorong pertumbuhan signifikan pada infrastruktur digital yang andal dan adopsi teknologi digital-khususnya dalam otomasi dan analitik- untuk memperkuat produktivitas dan efisiensi. 

Pasar Layanan TI di Indonesia diprediksi mencapai US$9 miliar pada 2028, dan IDC memprediksi area penting pada investasi TI akan ada pada modernisasi infrastruktur, optimisasi aplikasi, dan produktivitas karyawan.

"Akuisisi Equine Global akan mendukung IBM untuk lebih cepat menerapkan rangkaian layanan inovatif dan solusi teknologi di pasar Indonesia,” kata Bhau. 

Didirikan pada 2009, Equine Global terdiri dari empat perusahaan yang beroperasi dengan spesialisasi pada implementasi ERP, pengembangan aplikasi, dan manajemen data/analitik. 

Tim profesional dengan kepakaran tinggi dari Equine Global akan bekerja dengan banyak perusahaan ternama di Indonesia agar berhasil mengadopsi teknologi yang baru dan kompleks, serta menawarkan strategi, implementasi, dan layanan yang akan membantu transformasi bisnis. 

Equine Global juga memiliki ekosistem partner yang luas untuk menjawab kebutuhan digital klien yang beragam, dengan praktik- praktik khusus yang mendukung aliansi jangka panjang dengan mitra-mitra seperti SAP, Oracle, AWS, Salesforce, Tableau, Informatica, Automation Anywhere, Fortinet, Trendmicro, Dell, dan IBM.

CEO Equine Global Eko Heryanto mengatakan pengalaman perusahaan yang mendalam dan relasi yang baik dengan sektor Layanan Keuangan, Industrial, dan Telekomunikasi di Indonesia, akan melengkapi kepakaran IBM dalam industri dan basis klien strategisnya. 

“IBM bersama dengan Equine Global dapat menyediakan solusi hybrid cloud yang lebih luas, membangun solusi Next Gen Data dan membantu klien untuk mengaplikasikan AI berskala enterprise,” ujar Eko. 

Transaksi ini tunduk pada closing conditions yang biasa berlaku. Transaksi ini diharapkan akan closing pada kuartal keempat 2023. Setelah closing transaksi, Equine Global akan bergabung dengan IBM Consulting, meningkatkan layanan transformasi bisnis IBM Consulting di kawasan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper