IBM Layani Lebih Dari 100 Perusahaan Besar di RI, Perbankan hingga Telekomunikasi

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 29 November 2023 | 14:13 WIB
IBM menggelar IBM Consulting sebagai ajang tukar pikiran antara IBM dengan klien dalam pemanfaatan teknologi terkini/Bisnis.com-Leo
IBM menggelar IBM Consulting sebagai ajang tukar pikiran antara IBM dengan klien dalam pemanfaatan teknologi terkini/Bisnis.com-Leo
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - IBM, produsen perangkat lunak dan keras, menyampaikan telah membantu transformasi digital di lebih dari 100 perusahaan menengah dan besar di seluruh Indonesia.

Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut juga memiliki solusi yang membantu para klien untuk mengoptimalkan kecerdasan buatan (AI). 

Managing Partner IBM Consulting Asean Abraham Thomas mengatakan generatif AI saat ini memiliki peran besar untuk mendorong bisnis dan nilai sebuah perusahaan. Solusi AI generatif pun saat ini juga telah tersedia di seluruh rantai pasok mulai dari logistik, transportasi hingga telekomunikasi. 

Bagi IBM, lanjut Thomas, Indonesia merupakan salah satu pasar potensial, di mana IBM berkomitmen untuk membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam bertransformasi menjadi perusahaan yang lebih lincah, efisien dan berdampak.  

“Kami mengakuisisi perusahaan besar di Indonesia  beberapa waktu lalu yang membuat kapabilitas kami meningkat, dan siap membantu klien kami di Indonesia,” kata Abraham dalam IBM Consulting Forum di Jakarta, Rabu (29/11/2023). 

Sekadar informasi, pada Oktober 2023 IBM mengumumkan penandatanganan perjanjian definitif untuk mengakuisisi Equine Global, guna memperkuat posisi di pasar Indonesia.  

Akuisisi ini akan menambah sumber daya dan kemampuan IBM untuk membantu klien di Indonesia dalam memodernisasi bisnis inti, sambil terus meningkatkan transformasi hybrid cloud dan AI.  

Equine Global menjadi akuisisi pertama IBM yang berpusat di Indonesia, mempertegas komitmen IBM untuk mengembangkan jejaknya di Indonesia dan mendukung para klien dalam mewujudkan agenda transformasi digital. Equine Global adalah perusahaan ERP dan penyedia layananan konsultasi cloud yang berbasis di Indonesia

Sementara dalam paparannya IBM menyampaikan telah membantu lebih dari 100 klien di Indonesia yang bergerak di berbagai sektor mulai dari perbankan, transportasi, utilitas, telekomunikasi dan lain sebagai. Dari jumlah tersebut sejumlah nama perbankan besar, dan pembiayaan merupakan klien IBM. 

Sementara itu, Managing Partner Indonesia IBM Consulting Deep Bhau mengatakan Indonesia adalah salah satu pasar yang terbesar dan menjadi fokus IBM. 

Perusahaan melibatkan lebih dari 1.000 tenaga kerja di Indonesia dengan 200 orang dari jumlah tersebut telah tersertifikasi. IBM juga terlibat dalam lebih dari 30 proyek tranformasi digital di segmen korporasi. 

“Kami ingin membantu klien kami dalam transformasi digital dengan menggunakan hybrid cloud, dan melalui konsultasi bisnis, teknologi serta keamanan siber,” kata Deep.  

Dia menjelaskan dalam membantu transformasi digital di sebuah perusahaan, IBM membantu dari sisi pengembangan, sistem, hingga proses bisnis. IBM menawarkan solusi utuh kepada para pelanggan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper