Samsung Galaxy S24 vs Galaxy S23, Lebih Tipis Tetapi Zoom Dipangkas?

Redaksi
Selasa, 28 November 2023 | 16:32 WIB
Samsung Galaxy S24/ tangkapan layar Instagram
Samsung Galaxy S24/ tangkapan layar Instagram
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kabar peluncuran Samsung Galaxy S24 makin gencar. Smartphone premium ini akan menjadi geneasi selanjutnya dari Galaxy S23. Samsung menambahkan beragam fitur baru seperti AI.

Salah satu bocoran menyebutkan bahwa Galaxy S24 Ultra adalah model kelas atas dari seri Galaxy S24, memiliki bezel yang lebih tipis dibandingkan pendahulunya, yakni 2,5 mm, dibandingkan 3,4 mm pada Galaxy S23 Ultra.

Dikutip dari akun X  Ice Universe @UniverseIce, Selasa (28/11/2023),mengungkapkan bahwa desain layar Galaxy S24 Ultra juga bakal berbeda. Alih-alih dirancang dengan model melengkung (curved) di sisi kanan dan kirinya, panel layar ponsel justru mengadopsi model datar alias flat. 

Sementara itu, rumor lain dari akun X Steve H.McFly @OnLeaks, mengungkapkan bahwa layar Galaxy S24 Ultra memadukan warna dan desain datar. Dari segi layar, Galaxy S24 Ultra akan memiliki tingkat kecerahan layar yang lebih tinggi, dari 1.750 nits di Galaxy S23 Ultra menjadi 2.000 nits.

Lantas bagaimana spesifikasi dari Samsung Galaxy S23 dan Galaxy S24? Simak berikut ini!

Samsung Galaxy S23 diposisikan sebagai smartphone andalan di seri Samsung Galaxy S23. Samsung Galaxy S23 berukuran 6,1 inci, paling kecil di antara lainnya. Samsung Galaxy S23 memiliki layar AMOLED Dinamis 2X dengan kecepatan refresh 120Hz.

Layarnya mendukung HDR10 dan tingkat kecerahan hingga 1.750 nits, serta dilapisi Corning Gorilla Glass Victus 2. Untuk sektor kamera, Samsung Galaxy S23 memiliki tiga kamera belakang. 

Masing-masing memiliki resolusi 50 MP (f/1.8), 12 MP (f/2.2, ultra-wide), dan 10 MP (f/2.4, telephoto). Sementara kamera depannya beresolusi 12 MP. Beredar kabar juga kalau Galaxy S24 hanya memiliki zoom 10x sementara itu S23 mencapai 40x. 

Dari segi hardware, Samsung Galaxy S23 ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 2 untuk Galaxy. Chipset ini disandingkan dengan RAM 8GB dan dua pilihan kapasitas penyimpanan yakni 128GB/256GB.

Samsung Galaxy S23 memiliki banyak fitur lain seperti dukungan konektivitas 5G, NFC, tahan air dan debu serta rating IP68, dan masih banyak lagi. 

Seri Galaxy S23 menawarkan kecepatan pengisian daya yang sama seperti pendahulunya, Anda mendapatkan pengisian daya 25 watt pada S23 standar dan 45 watt pada model Plus dan Ultra.

Dikutip dari laman Techradar, Selasa (28/11/2023) pengembang aplikasi bernama Alessandro Paluzzi mengungkapkan, Samsung Galaxy S24 akan memiliki fitur media khusus. Hal tersebut terlihat pada kode tersembunyi di aplikasi Instagram terbaru untuk Android yang menunjukkan kehadiran layar splash. 

Fitur ini memungkinkan pengguna membuat pintasan ke kamera Instagram yang muncul di layar kunci. Dengan kata lain, akan ada akses langsung ke Instagram tanpa membuka kunci perangkat. Meski tak sehebat kamera 200MP, Paluzzi memastikan fitur tersebut akan tersedia untuk semua model Galaxy S24. 

Sebagai informasi, ini bukan pertama kalinya Instagram dan Samsung bekerja sama menawarkan sesuatu yang istimewa.

Sebelumnya, pada tahun 2010, Instagram juga memperkenalkan mode Instagram khusus untuk Samsung Galaxy S10.

Samsung Galaxy S24 sendiri disebut-sebut akan mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 dan memiliki chip Samsung Exynos 2400. Samsung telah menggunakan kombinasi chip Snapdragon dan Exynos di seri Galaxy S sebelumnya.

Padahal semua smartphone Samsung Galaxy S23 menggunakan chip dari Qualcomm. Informasi lain menunjukkan bahwa perangkat Samsung Galaxy S24 kemungkinan juga akan mendapatkan versi khusus Snapdragon 8 Gen 3. 

Kecepatan pengisian daya menjadi salah satu kelemahan seri Samsung Galaxy S23, namun hal itu mungkin bisa berubah. Samsung Galaxy S24 Ultra dan Galaxy S24 Plus akan memiliki baterai yang mirip dengan mobil listrik. Desain ini memungkinkan pengisian cepat hingga 65W.

Namun kabar buruknya. Galaxy S24 mungkin tetap mempertahankan pengisi daya 25W dari pendahulunya, meskipun Samsung mungkin mempertahankan model baterainya saat ini dengan mengizinkan pengisi daya 45W. (Afani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper