iPhone 15 Pro vs Samsung Galaxy S24 Ultra, Apple Kalah pada Kamera Zoom?

Redaksi
Senin, 18 September 2023 | 17:12 WIB
Karyawati beraktivitas di salah satu gerai Smartphone Samsung di Jakarta, Senin (30/1)Bisnis-Suselo Jati.
Karyawati beraktivitas di salah satu gerai Smartphone Samsung di Jakarta, Senin (30/1)Bisnis-Suselo Jati.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penggemar iPhone meyakini iPhone 15 Pro lebih menarik dari Samsung Galaxy S24 Ultra. Namun untuk kamera zoom, Apple disebut masih tertinggal.  

Sebagai pengganti emas pada iPhone, Apple mengandalkan lapisan titanium baru. Untuk warna hitam dan perak. Apple akan menawarkan opsi baru yaitu abu-abu yang menganut warna alami dari titanium.

Dilansir dari Sammobile, Senin (18/9/2023) alih-alih menggunakan lensa periskop seperti yang dilakukan Samsung pada Galaxy S23 Ultra, Apple menggunakan desain lensa tetra prisma, namun hasilnya tidak sebaik yang diraih Samsung.

Samsung dinilai lebih unggul dalam hal zoom jarak jauh.

 Pada enam bulan yang lalu, Samsung Galaxy S23 Ultra pun menawarkan zoom optik 10x. Hal tersebut sudah menjadi ciri khas andalan untuk Samsung selama beberapa tahun terakhir ini.

Tidak akan ada lagi penyegaran iPhone hingga September tahun depan. Namun, karena perangkat tersebut akan diluncurkan awal tahun ini, pelanggan Samsung dapat mengharapkan perangkat yang lebih baik dan ditingkatkan hanya dalam beberapa bulan. 

Galaxy S24 Ultra akan segera diluncurkan, mungkin pada Januari tahun depan, sekitar 5 bulan lagi. 

Galaxy S24 Ultra akan dibekali chipset terbaru pada 2024. Kameranya juga akan ditingkatkan, seperti kebanyakan komponen lainnya, sehingga bisa menawarkan lebih banyak kejutan. 

Selain itu, Samsung Galaxy S23 Ultra telah memperkenalkan peningkatan besar pada kamera utama dibandingkan Galaxy S22 Ultra dan Galaxy S24 Ultra. Hal ini menyebabkan Samsung beralih menggunakan kamera sekunder.

Faktanya, terdapat rumor bahwa kamera zoom 3x dan 10x S23 Ultra dapat digantikan oleh lensa zoom periskop kontinu dengan zoom optik 3x hingga 10x. Selain itu, kemampuan zoom tertingginya juga bisa ditingkatkan dari 100x menjadi 150x. 

Namun, kamera utamanya kemungkinan besar akan menggunakan sensor 200 MP, meski Samsung mungkin akan melakukan beberapa perbaikan untuk hasil yang lebih baik. 

Samsung pasti akan melihat fitur-fitur baru di aplikasi kamera, beberapa di antaranya mungkin juga tersedia di ponsel yang sudah ada, termasuk Galaxy S23 Ultra.

Sementara pengguna iPhone masih larut pada titanium yang digunakan iPhone. Perangkat andalan kelas atas ini merupakan perangkat yang mahal, jadi alangkah baiknya jika lebih tahan lama. 

Makin banyak orang yang menyimpan ponsel andalan mereka lebih lama, peningkatan daya tahan memungkinkan mereka untuk menjaga perangkat mereka dalam kondisi baik lebih lama. Bahkan, dalam kondisi penggunaan sehari-hari yang sulit.

Perubahan lainnya dari iPhone 15 Pro yaitu lensa zoom jarak jauh. iPhone 15 Pro Max hadir dengan lensa telefoto 12 megapiksel yang dipadukan dengan lensa zoom optik 5x.

Apple mengambil pendekatan teknis yang berbeda untuk mencapai hal ini, yang berpotensi menghindari pelanggaran terhadap berbagai paten lensa telefoto dari Samsung dan Samsung Electro-Mechanics. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper