Evolusi iPhone dari Masa ke Masa

Redaksi
Jumat, 15 September 2023 | 14:36 WIB
Evolusi iPhone dari masa ke masa/
Evolusi iPhone dari masa ke masa/
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Apple iPhone pertama kali dijual pada tanggal 29 Juni 2007, sekitar lima bulan setelah pertama kali diumumkan pada tanggal 9 Januari 2007 oleh Steve Jobs, CEO perusahaannya saat itu.

Sulit dibayangkan sekarang, tetapi iterasi pertama iPhone tidak memiliki sejumlah fitur yang kita anggap remeh saat ini, seperti 3G dan tentu saja bukan 5G, atau bahkan aplikasi.

Sejak tahun 2007, Apple telah mengadaptasi dan mengubah desain iPhone beberapa kali, meningkatkan kualitas kamera, dan banyak lagi lainnya.

Melansir beberapa sumber, berikut evolusi iPhone dari masa ke masa

iPhone pertama

Evolusi iPhone dari Masa ke Masa

Setelah berbagai rumor dan spekulasi, CEO Apple Steve Jobs meluncurkan iPhone pertama pada 9 Januari 2007.

Ponsel ini menawarkan layar 3,5 inci, kamera 2 megapiksel, dan mendapat pujian untuk fitur multitouch yang saat itu masih baru. Namun, para kritikus mengatakan bahwa ponsel ini terlalu mahal untuk laku di pasaran.

iPhone 3G

Pada tanggal 9 Juni 2008, setahun setelah iPhone pertama mulai dijual, Apple meluncurkan penerusnya, iPhone 3G. Model baru ini dapat terhubung ke jaringan berbasis 3G yang lebih cepat, termasuk GPS built-in, menawarkan lebih banyak penyimpanan dan lebih murah.

iPhone 3G tersedia pada tanggal 11 Juli, dan menawarkan sesuatu yang disebut layanan lokasi. "Layanan lokasi akan menjadi hal yang sangat besar pada iPhone," kata CEO Steve Jobs.

iPhone 3GS

Steve Jobs mengumumkan iPhone berikutnya, versi yang lebih cepat yang disebut iPhone 3GS. Meskipun bentuknya tidak berubah dari versi sebelumnya, iPhone baru ini dua kali lebih cepat dari sebelumnya dan menjalankan iPhone 3.0. iPhone 3GS tersedia pada tanggal 19 Juni 2009.

iPhone 4

iPhone 4 yang didesain ulang hadir pada tanggal 7 Juni 2010 bersamaan dengan iOS 4 yang baru saja berganti nama, dan menandai hadirnya obrolan video FaceTime.

Produk ini mulai dijual pada tanggal 24 Juni, dan menandai kehadiran layar "Retina" beresolusi tinggi yang pertama.

iPhone 4S

Dalam sebuah perubahan, Apple meluncurkan iPhone 4S pada 4 Oktober 2011, beberapa minggu setelah Steve Jobs mengundurkan diri karena masalah kesehatan.

CEO baru Tim Cook berbicara tentang prosesor dual-core ponsel baru ini (yang sama dengan yang digunakan pada iPad 2), dan mengatakan bahwa 4S akan mulai dijual pada tanggal 14 Oktober. Selain model 16GB dan 32GB, Apple juga meluncurkan versi 64GB.

iPhone 5

iPhone 5, versi pertama yang memiliki layar 4 inci, diluncurkan pada 12 September 2012, saat CEO Tim Cook menggembar-gemborkan peningkatan yang lebih cepat dan lebih ramping dari iPhone 4S dalam presentasi selama 90 menit di San Francisco. iPhone 5 mulai dipasarkan pada 21 September.

iPhone 5S and 5C

Pada tanggal 10 September 2013, CEO Apple Tim Cook meluncurkan tidak hanya satu, tetapi dua iPhone: iPhone 5S dan iPhone 5C.

IPhone 5S memiliki A7 SoC (system on a chip) 64-bit yang lebih cepat, Touch ID, dan prosesor data gerak baru yang disebut-sebut sebagai fondasi untuk gelombang baru aplikasi kesehatan dan kebugaran. Keduanya mulai dijual pada 20 September.

iPhone 6 and 6 Plus

Untuk tahun kedua berturut-turut, Apple meluncurkan dua iPhone pada tahun 2014: iPhone 6, yang memiliki layar 4,7 inci, dan iPhone 6 Plus, dengan layar 5,5 inci. Kedua iPhone tersebut menggunakan prosesor A8 baru yang lebih cepat dan lebih efisien daripada model tahun sebelumnya.

Keduanya juga memiliki kamera yang telah ditingkatkan dan siap NFC untuk akses ke jaringan Apple Pay baru yang diluncurkan pada bulan Oktober.

iPhone 6S and 6S Plus

Apple iPhone 6S dan 6S Plus mewakili peningkatan yang besar pada model tahun 2014 yang menjadi basisnya. 6S dan 6S plus mendapatkan teknologi force touch baru yang disebut 3D Touch, serta kamera iSight 12 megapiksel yang dapat merekam video 4K. Kedua ponsel ini menggunakan chip A9 yang lebih cepat, dan hadir dengan warna baru untuk tahun 2015: rose gold.

iPhone 7 and 7 Plus

iPhone 7 dan 7 Plus tampak sangat mirip dengan model tahun 2015, dengan tiga pengecualian utama: Apple menghilangkan jack audio, mengubah tombol home menjadi tombol virtual berbasis haptic, dan menambahkan pengaturan kamera ganda di 7S.

Hilangnya jack audio, sebuah langkah yang agak kontroversial, berarti pengguna harus mengandalkan earbud yang disediakan Apple atau menggunakan headphone lama mereka dengan adaptor yang disertakan.

Kedua ponsel ini menggunakan chip quad-core A10 Fusion, dan hadir dalam dua warna baru: Hitam (warna arang dengan hasil akhir matte) dan Jet Black yang sangat mengkilap.

iPhone 8/8 Plus

Apple memperkenalkan iPhone 8 dan 8 Plus dengan casing kaca dan aluminium baru, layar Retina HD, Chip Bionik A11, dan pengisian daya nirkabel pada tanggal 12 September 2017.

Casing kaca depan dan belakang, yang menurut Apple merupakan kaca paling tahan lama yang pernah ada pada smartphone, mengingatkan kita pada desain iPhone 4 dan 4s.

Apple menyebut chip A11 Bionic sebagai "chip paling kuat dan paling cerdas yang pernah ada di smartphone." Chip ini memiliki CPU enam inti dengan dua inti kinerja dan empat inti efisiensi, yang masing-masing 25% dan 70% lebih cepat daripada chip A10 Fusion. IPhone ini menyertakan GPU yang dirancang Apple yang menghasilkan grafis hingga 30% lebih cepat daripada iPhone 7 tahun 2016.

Setiap model menampilkan kamera 12 megapiksel yang ditingkatkan dengan sensor yang lebih besar (dan lebih cepat), filter warna baru, piksel yang lebih dalam, dan kemampuan untuk video 4K hingga 60fps dan slo-mo 1080p hingga 240fps.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper