Tinder Rilis Fitur Baru, Bikin Obrolan Makin Mengalir

Redaksi
Senin, 27 November 2023 | 18:19 WIB
Aplikasi Tinder/istimewap
Aplikasi Tinder/istimewap
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tinder, aplikasi kencan, mengumumkan peluncuran global serangkaian fitur profil dan penemuan baru lainnya seperti profile Quiz, Basic Info Tags, dan Dark Mode, untuk menyempurnakan dan mencerminkan cara generasi baru para pencari data terhubung. 

Berdasarkan laporan dari tinderpressroom, Senin (27/11/2023), 69% Gen Z setuju bahwa Aplikasi berkencan perlu diperbarui untuk mengakomodasi masyarakat yang lebih modern dan beragam. 

Chief Product Officer di Tinder Mark Van Ryswyk mengatakan Tinder memahami bahwa generasi pengguna baru lebih mengutamakan kualitas berbasis nilai seperti rasa hormat (78%) dan keterbukaan pikiran (61%) dibandingkan penampilan (56%).

“Mereka peduli terhadap hubungan baik yang dimulai dengan minat dan tujuan yang sama, tetapi mereka tidak punya waktu untuk hiburan seperti generasi sebelumnya.  Mereka ingin menampilkan diri yang sebenarnya dan mengharapkan hal yang sama sebagai balasannya,” kata Mark, dikutip tinderpressroom, Senin (27/11/2023).

Mark menambahkan bahwa dengan adanya perubahan fitur profil dan penemuan baru ini, akan membagikan hal-hal yang membuat Anda berbeda akan menjadi mudah dan menyenangkan.

Perubahan fitur Tinder yang diterapkan antara lain prompt untuk profil (Profile Prompt) sebagai pemicu obrolan, kuis singkat (Profile Quiz), penambahan tag informasi pribadi (Basic Info Tags), hingga mode gelap (Dark Mode).

Fitur prompt di profil akun diharapkan dapat membantu pengguna mengekspresikan kepribadiannya dengan cara yang unik, mulai dari selera humor, hobi, minat, dan lainnya. Prompt akan muncul ketika Anda mengklik akun profil. Pengguna lain akan melihat penjelasan singkat informasi pribadi seseorang.

Jika pesan yang dibagikan dianggap lucu, menarik, dan menghibur, pengirim mungkin akan merespons untuk memulai percakapan. Ikon reaksi yang tersedia adalah tanda silang untuk menolak memulai percakapan, bintang biru, dan ikon hati berwarna hijau.

Selain itu, fitur kuis profil digunakan untuk proses interaksi bisa berlangsung dengan cara yang lebih menyenangkan, pengguna pun dapat memanfaatkan fitur ini. 

Dengan kehadiran fitur ini dapat memudahkan pengguna untuk lebih mengenal satu sama lain dan menemukan jodoh melalui pertanyaan singkat. 

Jika ingin menggunakan fitur kuis profil, pastikan pengguna telah membagikan pertanyaan tersebut di akun profilnya dan menuliskan deskripsi singkat tentang minat dan preferensinya. 

Fitur Basic Info Tags bertujuan untuk mengurangi kebingungan bagi pengguna lain yang ingin memulai percakapan, namun tidak tahu banyak tentang orang yang ditaksir. 

Kini, melalui tag informasi dasar pengguna dapat mengetahui minat, hobi, hewan peliharaan favorit, bahasa cinta, dan tanda zodiaknya sehingga dapat memberikan gambaran lengkap tentang orang tersebut. 

Bahkan, Tinder telah meningkatkan fungsi blokir atau laporan. Pengguna dapat melaporkan informasi spesifik tentang akun yang tidak aktif di Tinder. Sebelumnya, fitur pelaporan ini hanya menawarkan opsi Blokir atau Laporkan. 

Pesaing aplikasi kencan ini, Bumble juga menawarkan mode gelap yang mengubah warna tampilan menjadi gelap sehingga lebih mudah dilihat di malam hari dan lebih privat. (Afaani Fajrianti).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper