Marak Penipuan Asmara di Tinder, Ini Tips agar Terhindar

Redaksi
Senin, 28 Agustus 2023 | 19:29 WIB
Aplikasi Tinder/Istimewa
Aplikasi Tinder/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pengguna Aplikasi Tinder perlu  berhati-hati terhadap penipuan asmara dalam aplikasi tersebut. Tinder pun gencar dalam mengkampanyekan tentang bahaya penipuan asmara, agar masyarakat makin sadar tentang bahaya tersebut.  

Aplikasi Tinder baru saja meluncurkan kampanye kesadaran publik terkait penipuan asmara (romance scam) di beberapa negara di Asia Tenggara. Kampanye kesadara publik ini ada di beberapa negara Asia, yaitu Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Singapura. 

Vice President APAC Communications Tinder Papri Dev mengatakan tujuannya untuk menciptakan Tinder sebagai tempat  teraman untuk bertemu orang-orang baru secara online atau daring.

“Penipuan finansial dan asmara bisa sangat cerdik, dan para penipu terus bekerja untuk mencari cara baru dalam memanfaatkan orang lain,” kata Papri, dikutip Senin (28/8/2023). 

Dia melanjutkan bahwa pihak Tinder terus meningkatkan upaya pencegahan penipuan asmara agar bisa membantu melindungi para pengguna dari potensi penipuan yang akan terjadi.

“Meskipun penipuan seperti ini terjadi di platform online manapun, kami menyadari bahwa kami berbuat lebih banyak untuk membantu para pengguna melindungi diri mereka dari potensi penipuan,” ujar Papri. 

Dengan adanya kampanye kesadaran publik terkait penipuan asmara ini, Tinder mempunyai harapan untuk bisa membantu para pengguna lebih percaya diri dalam menciptakan hubungan baru secara aman.

Para pengguna bisa mempelajari beberapa tips dari sumber informasi Penipuan Asmara Tinder secara detail tindakan agar melindungi diri mereka dari penipuan online.

Adapun metode yang harus dilakukan oleh para penipu asmara, perangkat keamanan tinder untuk bisa membasmi penipuan seperti pelaporan, perangkat verifikasi, dan lain-lain. 

Berikut Tips Menjaga Agar tetap Aman dan Menyenangkan Main Tinder:

1. Menghormati orang lain dan Mengikut Pedoman Komunikasi Tinder

Tips yang pertama adalah para pengguna aplikasi tinder selalu menghormati orang lain dan mengikut pedoman komunikasi Tinder. Hal tersebut untuk melindungi diri Anda dari segala penipuan asmara yang ada di Tinder.

2. Perhatikan Tanda Ceklis Biru untuk Verifikasi Foto

Tips yang kedua adalah Anda harus lebih perhatikan tanda ceklis biru untuk verifikasi foto. Hal itu dikarenakan tiner baru saja memperkuat  proses verifikasi foto dengan meminta Anda untuk mengambil swavideo. Sebab dengan adanya swavideo adalah metode terbaik untuk membuktikann keaslian profil Anda. Bahkan, pada pengaturan pesan, Anda yang terverifikasi foto dapat memilih untuk hanya menerima pesan dari pengguna lain yang telah terverifikasi.

3. Anda dapat Memblokir Profil

Dengan adanya memblokir profil, memberikan pilihan untuk melihat siapa saja yang ingin Anda temui di Tinder. Saat pilihan profil muncul sebelum match, Anda dapat memblokirnya agar tidak muncul lagi. Selain itu, fitur ini juga hadir sebagai tambahan dari blokir kontak dan pemblokiran setelah membuat laporan. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper