Jelajah Sinyal 2023: Infrastruktur Telko Bantu Masyarakat Raih Informasi Bermutu

Annisa Kurniasari Saumi
Senin, 27 November 2023 | 21:19 WIB
Salah satu menara telekomunikasi yang dikelola oleh PT Bali Towerindo Sentra Tbk./balitower.co.id
Salah satu menara telekomunikasi yang dikelola oleh PT Bali Towerindo Sentra Tbk./balitower.co.id
Bagikan

Bisnis.com, MAJENE - Pemanfaatan infrastruktur telekomunikasi oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di Pulau Sulawesi dinilai penting karena dapat membantu masyarakat dalam memperoleh informasi. 

Ekonom Center of Reform on Economic (CORE) Yusuf Rendy Manilet menjelaskan informasi merupakan aspek penting dalam beragam keterkaitannya di unsur kehidupan bermasyarakat.

Menurutnya, hal tersebut juga tidak terlepas dari unsur ataupun aspek perekonomian informasi yang diterima oleh individu ataupun kelompok tertentu secara jernih dan tidak asimetris. Dia melihat hal itu bisa memberikan manfaat yang lebih besar bagi penerima informasi. 

"Misalnya kalau kita bicara informasi terkait harga suatu barang maka makin terinfokannya masyarakat untuk tahu harga barang tertentu, maka mereka akan makin punya pilihan untuk membandingkan harga barang tersebut yang kemudian bisa berujung kepada upaya untuk membeli barang tersebut," kata Yusuf dihubungi Bisnis, Minggu (26/11/2023). 

Menurutnya, dalam konteks kegiatan bisnis dan UMKM, ketersediaan informasi ini menjadi lebih relevan, apalagi jika berbicara dalam konteks Pulau Sulawesi. 

Pasalnya, kata dia, infrastruktur layanan telekomunikasi harus diakui belum sepenuhnya seimbang antara Jawa dan juga pulau-pulau di luar Jawa. 

Dia menilai upaya untuk mendorong sinyal telekomunikasi yang lebih baik, terutama untuk penduduk yang tinggal di luar Pulau Jawa, dalam hal ini Pulau Sulawesi, sudah pasti menjadi hal yang baik. 

"Karena mereka kemudian bisa menggunakan sinyal telekomunikasi ini untuk kegiatan bisnis dan UMKM yang lebih baik. Misalnya dengan sinyal telekomunikasi ini para pelaku bisnis dan juga UMKM di pulau Sulawesi nantinya bisa juga menerima informasi yang lebih real time dalam aktivitas bisnis mereka," ujar Yusuf. 

Dia juga melihat upaya untuk mendorong pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang lebih massif, terutama untuk penduduk yang tinggal di Pulau Sulawesi, merupakan hal yang baik. Selain itu, upaya ini bisa berujung untuk menurunkan gap ketidakmerataan informasi yang bisa muncul, ketika infrastruktur telekomunikasi tidak terbangun secara baik. 

Ke depannya, lanjut Yusuf, memperbanyak infrastruktur telekomunikasi merupakan pekerjaan rumah yang perlu dilakukan secara berkelanjutan oleh Pemerintah.

Hal tersebut mengingat informasi yang handal bisa menjadi salah satu instrumen untuk membantu aktivitas perekonomian, dalam hal ini kegiatan bisnis dan UKM yang tidak hanya ada di Pulau Sulawesi, tetapi juga di pulau-pulau yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper