Jumlah Pelanggan dan ARPU Indosat (ISAT) Naik, Bidik Pasar Nusa Tenggara

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 1 November 2023 | 08:30 WIB
Logo Indosat Ooredoo Hutchison/Dok. Indosat
Logo Indosat Ooredoo Hutchison/Dok. Indosat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Indosat Tbk. (Indosat Ooredoo Hutchison) meraih lebih banyak pelanggan pada kuartal III/2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Menariknya, penambahan tersebut diiringi dengan jumlah rerata pendapatan yang dibukukan ISAT dari pelanggan (average revenue per user/ARPU) ,yang ikut naik secara tahunan. 

Merujuk pada laporan info memo, Indosat telah melayani 99,4 juta pelanggan pada kuartal III/2023 atau tumbuh 800.000 pelanggan (0,8%) jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang sebesar 98,6 juta pelanggan. 

Pertumbuhan tersebut diiringi dengan ARPU Gabungan yang juga naik 2,5 % year on year/YoY menjadi Rp34,700 pada 9 bulan pertama 2023. ARPU pascabayar menjadi penopang pertumbuhan ARPU Gabungan, dengan pertumbuhan ARPU pascabayar yang sebesar Rp72.300. 

Pertumbuhan pelanggan dan ARPU berdampak pada pertumbuhan pendapatan yang dibukukan Indosat, yang tumbuh 8,5% YoY pada kuartal III/2023. Total pendapatan Indosat hingga September 2023 mencapai Rp37,46 triliun. 

Layanan Selular, MIDI, dan Telekomunikasi Tetap milik Perusahaan masing-masing memberikan kontribusi sebesar 85,9%, 12,1%, dan 2,0% terhadap pendapatan usaha konsolidasian yang berakhir pada tanggal 30 September 2023. 

Pendapatan Selular meningkat sebesar 7,8% dibandingkan kuartal III/2022, terutama disebabkan oleh peningkatan pendapatan Data, dan Interkoneksi yang diimbangi penurunan pendapatan Suara.

Kemudian itu, pendapatan MIDI meningkat sebesar 10,8% dibandingkan 9B 2022, disebabkan oleh peningkatan pendapatan Layanan IT dan Internet Tetap yang diimbangi dengan penurunan pendapatan Konektivitas Tetap.

Terakhir, pendapatan Telekomunikasi Tetap meningkat sebesar 26,8% dibandingkan 9B 2022 dikontribusi oleh kenaikan pendapatan Telepon Internasional dan pendapatan Jaringan tetap. 

Dari sisi jaringan, jumlah BTS 4G yang dioperasikan Indosat bertambah 44.558 BTS menjadi 172.115 BTS pada kuartal III/2023.

Indosat meningkatkan layanan di Nusa Tenggara yang bertujuan untuk mendukung pemerataan akses digital sekaligus memberdayakan masyarakat di wilayah timur Indonesia. 

Perusahaan yakin pemanfaatan teknologi digital akan membuka peluang tanpa batas, memaksimalkan potensi yang ada, dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. 

“Ini adalah awal bagi Perusahaan mewujudkan tujuan Indosat yang lebih besar dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa,” tulis Indosat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper