Intip Strategi RedDoorz Indonesia Jaring Pelanggan Loyal di Tengah Ketatnya Persaingan

Arlina Laras
Sabtu, 28 Oktober 2023 | 16:43 WIB
Karyawan beraktivitas di salah satu penginapan yang menjadi mitra RedDoorz di Jakarta, Selasa (17/9/2019). Bisnis/Arief Hermawan Pnn
Karyawan beraktivitas di salah satu penginapan yang menjadi mitra RedDoorz di Jakarta, Selasa (17/9/2019). Bisnis/Arief Hermawan Pnn
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Survei Booking Behaviors: Exploring Guest Loyalty dari SevenRooms’, mengungkapkan 44% responden mengaku bahwa program loyalti yang ditawarkan hotel mempengaruhi keputusan mereka dalam memilih hotel.

Di sisi lain, 34% responden akan memesan ulang hotel yang sama saat dia mengetahui status program loyalti yang dimilikinya.

Dalam survey, Seven Rooms membagi dua jenis pelanggan hotel. Pertama, personal traveler, yaitu pelanggan yang menginap di hotel hanya untuk kegiatan wisata. Kelompok kedua adalah business traveler, yaitu mereka yang rutin bepergian dan menginap di hotel untuk urusan bisnis atau pekerjaan. 

Hasil survei Seven Rooms menyebutkan hanya 45% dari personal traveler bersedia mengikuti program loyalti yang ditawarkan hotel. Sementara, lebih dari 55% kelompok business traveler mengaku akan mengikuti program loyalti yang ditawarkan hotel karena akan banyak benefit yang bisa mereka manfaatkan. 

Seiring dengan hal itu, Head of Integrated Communications RedDoorz Indonesia Cut Nany pun mengatakan meningkatkan pelanggan loyal dari kelompok korporat menjadi salah satu strategi RedDoorz.

“Dalam tiga tahun terakhir, hotel RedDoorz dan multi-brand telah melayani para business traveler ini yang kami kategorikan sebagai pelanggan korporat dengan jumlah total booking yang sudah mencapai 4 juta. Tingginya angka pemesanan ini dipimpin oleh beragam sektor perusahaan yang bekerjasama dengan RedDoorz,” katanya berdasarkan keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (28/10/2023).

Menurut Nany, dalam bisnis perhotelan yang semakin kompetitif, peran pelanggan loyal memang tak dianggap remeh. Bukan sekedar tamu yang selalu kembali untuk menginap, pelanggan loyal juga berkontribusi membangun reputasi brand hotel. 

“Karena pelanggan loyal kemungkinan besar merekomendasikan brand yang mereka suka kepada teman dan kerabatnya,” ujarnya.

Sehingga dari rekomendasi tersebut, brand memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pelanggan baru.

Meningkatkan jumlah pelanggan loyal menjadi salah satu strategi RedDoorz dalam mengembangkan bisnisnya. Sebagai platform multi-brand perhotelan dan akomodasi berbasis teknologi di Asia Tenggara.

Tercatat, saat ini RedDoorz telah memiliki 4 juta pelanggan dimana terdapat 70% pelanggan yang sudah menjadi pelanggan loyal (repeat users).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper