10 Meteorit Unik yang Pernah Jatuh ke Bumi

Redaksi
Minggu, 22 Oktober 2023 | 17:15 WIB
Ilustrasi - mashable.com
Ilustrasi - mashable.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sekitar 1.800 batu luar angkasa menabrak permukaan Bumi setiap tahunnya. Sebagian besar dari batu-batu itu tidak diketahui keberadaannya dan tidak memiliki cerita yang unik untuk dibagikan.

Namun, ada beberapa batu luar angkasa yang memiliki cerita unik dan menarik. Dari satu-satunya orang yang terbunuh akibat hantaman meteorit, hingga batu kosmis yang berisi komet.

Melansir laman Listverse, Kamis (19/10/2023), berikut adalah 10 cerita unik meteorit yang jatuh ke bumi.

1. Northwest Africa (NWA) 13188

Ketika sebuah batu hitam seberat 1,42 pon (646 gram) ditemukan di Maroko pada tahun 2018, batu tersebut diidentifikasi sebagai meteorit dan diberi nama "Northwest Africa (NWA) 13188."

Ketika para ilmuwan memeriksa material dan tingkat radiasi batu tersebut, mereka menyadari dua hal. Meteorit itu berasal dari Bumi, dan melayang di angkasa selama ribuan tahun.

Dengan kata lain, batu itu terbentuk di Bumi dan kemudian entah bagaimana terlempar ke luar angkasa, di mana batu itu melayang selama ribuan tahun sebelum masuk kembali ke atmosfer bumi dan mendarat di Maroko.

NWA 13188 adalah satu-satunya meteorit yang diketahui telah mencapai perjalanan pulang pergi yang luar biasa ini. Tapi, apa yang mendorong batu itu ke orbit masih menjadi misteri.

Komposisinya menunjukkan bahwa batu ini dibentuk oleh gunung berapi, tapi kecil kemungkinan letusan gunung berapi bisa melontarkan NWA 13188 ke angkasa.

Sebagian peneliti meyakini kalau tumbukan dari asteroid besar bisa jadi cukup kuat untuk melontarkan batuan Bumi ke tata surya.

2. Hibrida Komet Meteorit

Komet dan asteroid terbentuk dari cincin debu dan gas yang dulunya mengitari Matahari yang masih sangat muda. Yang membedakan keduanya dan juga berkontribusi pada perbedaan komposisi dan penampakannya adalah jaraknya dari Matahari saat mereka "dilahirkan", dengan komet biasanya tampak lebih jauh.

Pada tahun 2019, para peneliti membelah sebuah meteorit. Meteorit ini ditemukan di Ladang Es LaPaz Antartika, dan diidentifikasi sebagai meteorit kondrit yang banyak dicari.

Namun, meteorit yang satu ini unik bahkan di antara meteorit-meteorit chondrite karena mengandung sesuatu yang tidak terduga, yaitu pecahan kecil komet.

Sekitar tiga juta tahun yang lalu, sebuah asteroid menangkap butiran materi kaya karbon yang membentuk komet dan membungkusnya, mengawetkan bintik tersebut dalam kondisi murni. Pada suatu ketika, asteroid tersebut pecah, dan bagian yang berisi komet memasuki atmosfer Bumi dan menabrak Antartika sebagai meteorit.

3. Mineral yang Tidak Dipahami oleh Sains

Ketika meteorit El Ali ditemukan di Somalia pada tahun 2020, meteorit ini sudah menjadi sesuatu yang istimewa. Biasanya, pada saat ditemukan, meteorit berukuran kecil dan beratnya hanya beberapa ons atau pon. namun, batu angkasa ini memiliki berat 16,5 ton (15 metrik ton).

Para peneliti mengidentifikasi batu besar itu sebagai meteorit kompleks Iron IAB, yang berarti sebagian besar terdiri dari besi meteorik yang ditaburi bintik-bintik silikat.

Namun, di antara semua senyawa silikon dan logam, ada sesuatu yang tidak diketahui yang akan segera mengalihkan perhatian semua orang dari ukuran monster meteorit tersebut.

Penemuan ini terungkap setelah sepotong batu tersebut diambil dan diperiksa. Di bawah mikroskop, mata manusia untuk pertama kalinya melihat bukan hanya satu, melainkan dua mineral yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Mineral tersebut akhirnya diberi nama elaliite dan elkinstantonite.

4. Pertemuan Mematikan di Udara - Hampir Terjadi

Pada bulan Juni 2012, sekelompok penerjun payung, salah satunya Anders Helstrup melompat dari pesawat di atas Rena, Norwegia dan helmnya terpasang dua kamera.

Ketika pesawat berada di ketinggian 2,29 mil (3.700 m) di udara, Helstrup meluncur keluar dan membuka parasutnya pada ketinggian sekitar 0,68 mil (1.100 m).

Beberapa saat kemudian, sesuatu melintas di dekatnya dengan sangat cepat sehingga dia hampir tidak melihatnya. Tanpa disadari oleh sang penerjun payung, dia hanya berjarak beberapa inci dari kematian yang mengerikan.

Para ahli meninjau ulang rekaman tersebut, dan objek tersebut dengan cepat diidentifikasi sebagai meteorit dalam tahap "penerbangan gelap". Ini adalah saat bola api yang masuk terbakar habis, dan hanya batu yang tersisa.

Meskipun Helstrup kini memegang kehormatan sebagai satu-satunya orang yang merekam meteorit pada tahap ini, seorang ahli geologi yang mengamati ukuran dan kecepatan batu tersebut memiliki pesan yang lebih serius.

Dia menyebut skydiver itu "sangat beruntung" karena jika batu seberat 11 pon (5 kg), yang melaju dengan kecepatan 186 mil per jam (300 km/jam), menghantam Helstrup, batu itu akan memotongnya menjadi dua.

5. Kematian Akibat Meteorit

Rata-rata sekitar 17 meteorit menghantam permukaan bumi setiap harinya. Hebatnya, tidak ada catatan sejarah yang dapat dipercaya tentang seseorang yang tertabrak dan terbunuh oleh meteorit.

Namun, pada tahun 2020, dokumen-dokumen lama dalam arsip Turki membuktikan bahwa pada 22 Agustus 1888, sebuah bola api besar menerangi langit malam sebelum meteorit menghujani sebuah desa kecil di daerah yang sekarang dikenal sebagai Sulaymaniyah, Irak.

Bombardir ini berlangsung sekitar 10 menit, dan dua orang terkena dampaknya-satu orang meninggal, dan satu orang lagi lumpuh.

Tidak diragukan lagi bahwa peristiwa itu benar-benar terjadi. Meskipun batu itu sekarang hilang, ketiga dokumen tersebut sangat meyakinkan, karena merupakan surat resmi yang ditulis oleh pemerintah setempat, termasuk wazir agung (kepala negara), untuk melaporkan peristiwa tersebut kepada pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper