Kawah Hasil Tabrakan Meteor Pertama Ditemukan, di Puncak Gunung Timur Laut China

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 15 September 2023 | 12:15 WIB
Kawah Hasil Tabrakan Meteor Pertama Ditemukan, di Puncak Gunung Timur Laut China
Kawah Hasil Tabrakan Meteor Pertama Ditemukan, di Puncak Gunung Timur Laut China
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ilmuwan menemukan sebuah lubang selebar hampir satu mil (1,6 kilometer) di puncak gunung China, yang merupakan kawah tumbukan dari pendaratan meteorit di masa lalu.

Kawah yang baru ditemukan, terletak di timur laut China tidak jauh dari perbatasan Korea Utara, adalah kawah puncak gunung pertama yang dikonfirmasi di Bumi.

Para peneliti tidak yakin kapan dampaknya terjadi, namun dampaknya meninggalkan depresi melingkar dan membagi puncak gunung menjadi dua puncak, yang dikenal sebagai Baijifeng Depan dan Baijifeng Belakang.

Puncak gunung dipenuhi dengan pecahan batu yang dikenal secara lokal sebagai "batu surgawi", yang ternyata merupakan nama yang akurat secara ilmiah. Menurut sebuah studi baru, yang diterbitkan pada 1 September di jurnal Matter and Radiation at Extremes, bebatuan di puncaknya memiliki pola guncangan yang menandakan adanya benturan dengan benda luar angkasa.

Para peneliti tertarik dengan bentuk cekungan di antara dua puncak gunung, yang membentang sekitar 4.593 kaki (1.400 meter), dan pecahan batu pasir besar yang berserakan di gunung tersebut.

Mereka mengumpulkan sampel batu pasir dan granit dari permukaan kawah dan memeriksa mineral kuarsa di dalamnya. Ketika terkena panas dan tekanan dalam jumlah besar, kuarsa berubah bentuk dengan cara tertentu, sehingga tim mencari tanda-tanda deformasi tersebut.

Para peneliti yang dipimpin oleh Ming Chen dan Ho-Kwang Mao dari Pusat Penelitian Lanjutan Sains dan Teknologi Tekanan Tinggi di Shanghai, menemukan lusinan contoh deformasi tersebut pada irisan tipis batuan yang diambil dari kawah.

Granit yang membentuk kawah tersebut terbentuk antara 150 juta dan 172 juta tahun yang lalu, yang berarti dampaknya pasti terjadi setelah periode ini, namun waktu pastinya masih belum diketahui, menurut makalah baru tersebut. Pola pelapukan di salah satu dari dua kawah tumbukan yang dikonfirmasi di China kawah Yilan di provinsi Heilongjiang  serupa dengan pola yang terlihat di Baijifeng, tulis para peneliti, yang menunjukkan bahwa usia kedua kawah tersebut mungkin serupa.

Kawah Yilan, berusia 49.000 tahun, merupakan kawah tumbukan terbesar yang berusia di bawah 100.000 tahun yang pernah ditemukan. Kawah tumbukan ketiga di Tiongkok, juga dikonfirmasi oleh Chen, disebut kawah Xiuyan, juga terletak di timur laut negara tersebut.

Sebuah kawah yang sangat besar, yang hanya diketahui dari bebatuan kaca yang tersebar akibat tumbukan hingga ke Australia, mungkin juga terkubur di bawah gurun di barat laut Tiongkok, menurut penelitian yang diterbitkan pada bulan Agustus di jurnal Scientific Reports. Namun para ilmuwan belum mengungkap lokasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper