Akuisisi Rampung, Logitech Rilis Plugin Streamlabs untuk Konsol Loupedeck

Redaksi
Jumat, 13 Oktober 2023 | 12:57 WIB
Logo Logitech tertempel di salah satu kaca penghubung ke sebuah ruangan/dok. Logitech.
Logo Logitech tertempel di salah satu kaca penghubung ke sebuah ruangan/dok. Logitech.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Logitech, perusahaan produsen perlengkapan komputer pribadi dan tablet global asal Swiss, meluncurkan plugin desktop Streamlabs untuk konsol Loupedeck.

Perusahaan telah menggabungkan dua akuisisi dalam beberapa tahun terakhir dalam upaya menyediakan alat yang dibutuhkan para live streaming.

Manajer Umum Logitech G Ujesh Desai mengatakan plugin baru ini diluncurkan pada Kamis (12/10/2023) dengan pembaruan perangkat lunak 5.8 dan akan diinstal sebelumnya di semua perangkat Loupedeck baru.

“Saat ini Logitech mengakuisisi Loupedeck awal tahun ini, Logitech bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih lancar bagi pembuat Streamlabs, mulai dari orientasi hingga penggunaan sehari-hari dengan preset yang tersedia langsung untuk peralatan Loupedeck,” kata Ujesh Desai, dikutip dari engadget, (12/10/2023).

Perlu diingat bahwa perusahaan Logitech membeli Streamlabs, perangkat lunak streaming langsung populer yang menawarkan perangkat canggih untuk streaming di Twitch, YouTube, dan Facebook pada tahun 2019. Sedangkan bulan Juli 2023, perusahaan mengakuisisi Loupedeck yang membuat konsol streaming video dan bersaing dengan Stream Deck Elgato.

Streamlabs Desktop Plugin 1.0 mengubah perangkat Loupedeck Live dan Live S menjadi pengontrol eksternal terbaik untuk pengguna Streamlabs. Tombol yang disempurnakan pada Live dan Live S memungkinkan pengguna mengontrol audio Streamlabs dengan lebih tepat.

Sementara, tombol yang dapat disesuaikan memberdayakan pengguna untuk membuat tindakan makro mereka sendiri seperti memposting salam di obrolan, melakukan siaran langsung, atau berpindah adegan.

Selain Ujesh, Head of PC Gaming and Creator Products, Logitech G Vincent Borel mengatakan Live streamer secara bersamaan mengatur gameplay, input audio, pergantian adegan, dan interaksi obrolan, yang bisa jadi hal yang menakutkan.

“Plugin Streamlabs Desktop baru memberi pengguna kontrol eksternal penuh atas semua elemen live stream mereka dan menambah perpustakaan plugin Loupedeck yang terus berkembang untuk membuat streaming menjadi lancar dan efisien,” ujar Vincent Borel.

Seperti dikutip dari businesswire, Kamis (12/10/2023), Mode Dinamis Loupedeck juga menjadikan Live dan Live S kontekstual, memberikan pengguna kontrol preset di ujung jari mereka saat beralih antar program. Dengan plugin baru ini, live streamer dapat:

1. Tentukan adegan, sumber, sumber audio, dan koleksi adegan dengan mudah, yang secara otomatis diisi dan diatur dalam perangkat lunak Loupedeck.

2. Aktifkan perintah Streamlabs Desktop langsung dari perangkat Loupedecknya

3. Lihat status streaming langsung mereka di perangkat Loupedeck

4. Sempurnakan kontrol streaming audio  langsung  real-time dengan dial Loupedeck yang presisi

Ujesh Desai juga menambahkan bahwa versi 1.0 ini merupakan yang pertama bagi Logitech, sehingga mempercepat tujuan Logitech dalam menyediakan ekosistem perangkat keras dan perangkat lunak bagi para pembuat konten di seluruh dunia. Ini memungkinkan mereka untuk fokus pada hal terbaik yang mereka lakukan yaitu membuat konten yang luar biasa.

Perlu dicatat bahwa Streamlabs dan Loupedeck bukan satu-satunya perusahaan yang dibeli Logitech dalam beberapa tahun terakhir sebagai bagian dari upayanya untuk memaksimalkan kemampuan streaming.

Plugin ini menggabungkan integrasi streaming untuk Twitch dan Twitch Studio, OBS, VoiceMeeter, GoXLR, WinAudio, vMix, dan banyak lagi. Peserta TwitchCon dapat mencoba plugin baru di booth Logitech.

Untuk lebih memperluas kreativitas dan kemampuan streaming pengguna Loupedeck Marketplace. termasuk plugin untuk Microsoft Teams, WinAudio, Bitfocus Companion, Microsoft PowerToys, MuteDeck untuk Zoom, Libre Hardware Monitor, dan Loupedeck AI Assistant.

Faktanya, Logitech telah membeli Mikrofon Biru pada tahun 2018, dan mengumumkan beberapa bulan yang lalu bahwa mereka akan mulai menjual mikrofon Blue's Yeti dengan merek Logitech G di masa mendatang. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper