Meta Berencana Pasang Tarif Rp212.000 bagi Pengguna Instagram dan Facebook di Eropa

Rahmad Fauzan
Selasa, 3 Oktober 2023 | 22:29 WIB
Logo Facebook di komputer laptop yang ditata di Hastings-on-Hudson, New York, AS/ Bloomberg
Logo Facebook di komputer laptop yang ditata di Hastings-on-Hudson, New York, AS/ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Meta, raksasa teknologi asal Amerika Serikat, berencana mengenakan tarif kepada pengguna di Uni Eropa untuk dapat mengakses layanan Instagram dan Facebook tanpa gangguan iklan.

Sesuai dengan rencana, Meta akan menerapkan tarif paling tinggi senilai US$10,46 per bulan baik untuk mengakses Facebook maupun Instagram melalui desktop (komputer), dan US$6,28 untuk setiap akun tautan tambahan.

Sementara untuk akses di perangkat mobile, tarif yang dikenakan lebih tinggi yakni mencapai US$13,62 per bulan atau Rp212.608 per bulan (kurs: Rp15.610).

“Sebab, Meta akan memperhitungkan komisi yang kenakan oleh toko aplikasi (app stores) milik Apple dan Google,” dikutip dari Reuters, Selasa (3/10/2023).

Belum lama dalam tahun ini, perusahaan milik Mark Zuckerberg itu dikenakan denda lebih dari US$408 juta oleh Komisi Perlindungan Data Pribadi Irlandia.

Selain denda, otoritas Irlandia memberitahu Meta bahwa perusahaan tidak dapat menggunakan dasar hukum ‘kontrak’ untuk mengirimkan iklan kepada pengguna berdasarkan aktivitas daring mereka.

Meta juga bakal meminta persetujuan pengguna di Uni Eropa sebelum mengizinkan iklan guna memenuhi sejumlah persyaratan peraturan yang berkembang di teritorial tersebut.

Adapun, perusahaan telah memberikan pemberitahuan kepada regulator di Eropa bahwa penerapan tarif layanan bebas iklan untuk pengguna di kawasan tersebut akan dimulai pada bulan depan.

Juru bicara Meta mengatakan perusahaan masih percaya pada layanan gratis yang didukung oleh iklan yang dipersonalisasi, sembari menjajaki berbagai opsi guna memastikan perusahaan mematuhi persyaratan peraturan yang terus berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper