Veronica (Telkomsel) vs Maya (EXCL), Asisten Virtual Siapa yang Lebih Menarik?

Redaksi
Jumat, 29 September 2023 | 13:09 WIB
Layanan asisten virtual Veronika memberikan pengalaman dan layanan yang mampu melebihi ekspektasi pelanggan Telkomsel/dok. Telkomsel
Layanan asisten virtual Veronika memberikan pengalaman dan layanan yang mampu melebihi ekspektasi pelanggan Telkomsel/dok. Telkomsel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) berlomba dalam meningkatkan asisten virtual untuk memberikan pelayanan yang lebih nyata kepada para pelanggan.

Telkomsel baru saja bekerja sama dengan Azure OpenAI Service, yang memungkinkan anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) dapat mengakses ChatGPT dan menggunakan Natural Language Processing (NLP) dan Machine Learning di Veronica. 

Asisten virtual Veronika dikembangkan dengan serangkaian bahasa pemrograman berbasis Natural Language Processing (NLP) dan machine learning untuk membantu memberikan interaksi layanan yang lebih alami dan intuitif bagi pelanggan.

Keunggulan fitur teknologi machine learning juga memungkinkan Veronika mendapatkan pemahaman lebih mendalam mengenai permintaan produk dan layanan, sehingga perusahaan dapat menawarkan solusi yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan dan profil penggunaan pelanggan Telkomsel.

Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel, Danang Andrianto mengatakan Telkomsel pertama kali hadir pada 2017 dengan kanal layanan virtual Veronika serta melalui fitur berbasis chatbot yang terus berkembang dengan memanfaatkan keunggulan teknologi Artificial Intelligence (AI).

“Kini dengan pemanfaatan model ChatGPT yang diakses melalui Azure OpenAI Service, Veronika terus berinovasi dengan mengintegrasikan teknologi AI terbaik yang menghadirkan kepandaian dalam memberikan solusi yang makin akurat, serta pola interaksi yang lebih natural dan ekspresif,” kata Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel, Danang Andrianto.

Dengan menggunakan teknologi AI tersebut, Veronika dapat merekomendasikan pilihan paket produk yang sesuai dengan profil kebutuhan pelanggan, memberikan informasi produk secara detail, dan merespons permasalahan pelanggan dengan cepat, lebih akurat. Seiring dengan mengintegrasikan Layanan Azure OpenAI Service.

Sementara itu, XL Axiata juga memiliki Virtual Assistant yang bernama MAYA. Nama MAYA sendiri merupakan singkatan dari My XL Assistant. 

MAYA menjadi wajah baru dalam layanan XL Digital Care. MAYA adalah Virtual Assistant XL Axiata yang akan membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi serta solusi seputar XL Axiata di channel digital Customer Service XL Axiata. 

Para pelanggan bisa menanyakan apa pun mengenai layanan di XL Axiata seperti informasi produk atau layanan XL Axiata baik prabayar maupun pascabayar, dan solusi pertanyaan pelanggan terkait layanan atau produk XL Axiata. 

Selain itu, pelanggan XL Axiata mendapatkan informasi produk dan layanan XL Axiata antaranya promo produk, paket, info paket, roaming, lokasi XL Center, dan produk unggulan XL Axiata melalui situs xl.co.id atau download aplikasi myXL.

Bahkan, pelanggan bisa berintegrasi dengan MAYA melaluai Twitter, email, live chat, Facebook, Line, dan berbagai channel digital lainnya. MAYA juga merupakan perwakilan dari grup layanan pelanggan digital XL Axiata yang sebelumnya bernama Rangers.

Dengan adanya Virtual Assistant dari MyTelkomsel maupun myXL dapat meningkatkan kualitas layanan Telkomsel dan XL Axiata dari segi kemudahan, solusi yang ditawakan, dan menjalin kedekatannya dengan para pelanggan. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper