Ketika Sinyal iPhone 14 Selamatkan Satu Keluarga dari Kebakaran Hutan di Hawaii

Taufan Bara Mukti
Minggu, 13 Agustus 2023 | 14:41 WIB
iPhone 14/Bloomberg
iPhone 14/Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Cerita mencekam terjadi di balik kebakaran hutan yang terjadi di Pulau Maui, Hawaii, yang menewaskan lebih dari 60 orang.

Kebakaran hutan hebat terjadi di Pulau Maui, Hawaii pada Jumat (11/8/2023). Selain menewaskan puluhan orang, kebakaran juga menghancurkan kota resor bersejarah di Hawaii.

Ada cerita menarik di balik kejadian memilukan tersebut. Ada sekeluarga yang selamat dari kebakaran hutan berkat bantuan dari perangkat iPhone 14.

Fitur Komunikasi Satelit alias Emergency SOS (Save Our Ship) di iPhone 14 series menyelamatkan satu keluarga dari amukan si jago merah.

Hal tersebut diungkapkan oleh akun Twitter/X bernama @michaelmiraflor, dilansir dari Mac Rumors.

"Sepupu dari pacar kakak laki-laki saya dan keluarganya terjebak di dalam kendaraan di Pulau Maui saat kebakaran hutan tiba-tiba terjadi di sekitar mereka," tulis akun @michaelmiraflor.

Akun tersebut menjelaskan, relasinya tersebut terjebak di dalam kendaraan yang tak dapat bergerak ke mana-mana.

Saat kebakaran hebat terjadi, keluarga tersebut tengah berada di pusat perbelanjaan Lahaina, tempat kebakaran hutan terjadi.

Jaringan telepon seluler tak berfungsi sehingga keluarga berisi lima orang tersebut benar-benar terjebak di dalam kendaraan dan terkurung api yang berkobar.

Namun salah seorang di antara mereka kemudian berinisiatif memanfaatkan fitur Komunikasi Satelit untuk mengirim sinyal bahaya atau SOS.

Melalui fitur tersebut anggota keluarga itu menginformasikan titik lokasi, jumlah korban yang terjebak, dan kondisi mereka sekeluarga.

Tim SAR (Search and Rescue) setempat bersama pemadam kebakaran pun menerima laporan tersebut dan langsung menerujunkan personel.

Mereka mengirimkan pesan secara berkala terkait perjalanan mereka menuji titik lokasi. Dalam waktu 30 menit, tim pemadam kebakaran pun berhasil menemukan korban dan mengevakuasi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper