Berapa Banyak Asteroid Mendekati Bumi Setiap Tahunnya?

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 10 Agustus 2023 | 17:17 WIB
Ilustrasi asteroid/unsplash
Ilustrasi asteroid/unsplash
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asteroid adalah bongkahan batu yang tersisa dari pembentukan Tata Surya kita.

Sekitar setengah miliar asteroid dengan ukuran diameter lebih dari empat meter mengorbit Matahari, melintasi Tata Surya kita dengan kecepatan hingga sekitar 30 kilometer per detik kira-kira sama dengan kecepatan Bumi.

Hampir setiap minggu kita melihat berita utama online yang menggambarkan asteroid seukuran "bus", "truk", "hingga berukuran sebuah kota menuju bumi.

Tentu saja, ancaman asteroid itu nyata. Yang terkenal, sekitar 65 juta tahun yang lalu, kehidupan di Bumi bertekuk lutut akibat dampak asteroid besar yang kemungkinan besar membunuh sebagian besar dinosaurus.

Bahkan objek berukuran empat meter yang bergerak dengan kecepatan relatif hingga 60 kilometer per detik akan sangat luar biasa. Tapi di luar label media, apa risikonya, berdasarkan jumlahnya? Berapa banyak asteroid yang menghantam Bumi dan berapa banyak yang dapat kita harapkan untuk melewati kita? Apa ancaman serangan langsung?

Menurut NASA ada jauh lebih banyak asteroid kecil daripada asteroid besar, dan asteroid kecil menyebabkan lebih sedikit kerusakan daripada asteroid besar.

Tapi di luar label media, apa risikonya, berdasarkan jumlahnya? Berapa banyak asteroid yang menghantam Bumi dan berapa banyak yang dapat kita harapkan untuk melewati kita?

Dalam hal asteroid menabrak Bumi, dan dampaknya, grafik di bawah dari NASA merangkum risiko umumnya.

Ada jauh lebih banyak asteroid kecil daripada asteroid besar, dan asteroid kecil menyebabkan lebih sedikit kerusakan daripada asteroid besar.

Statistik asteroid dan ancaman yang ditimbulkan oleh asteroid dengan ukuran berbeda. NEO adalah objek dekat Bumi, benda kecil apa pun di Tata Surya yang orbitnya membawanya dekat dengan planet kita. 

Jadi, Bumi sering mengalami tabrakan berdampak rendah dengan asteroid kecil, dan jarang terjadi tabrakan berdampak tinggi dengan asteroid besar. Dalam kebanyakan kasus, asteroid terkecil sebagian besar pecah ketika menabrak atmosfer Bumi, dan bahkan tidak sampai ke permukaan.

Ketika sebuah asteroid kecil (atau meteoroid, objek yang lebih kecil dari asteroid) menghantam atmosfer Bumi, ia menghasilkan "bola api" yang spektakuler - versi bintang jatuh, atau meteor yang sangat tahan lama dan cerah. Jika ada potongan benda yang masih hidup menyentuh tanah, mereka disebut meteorit. Sebagian besar objek terbakar di atmosfer.

Berapa banyak asteroid yang terbang melewati Bumi?

Perhitungan yang sangat disederhanakan memberi Anda gambaran tentang berapa banyak asteroid yang mungkin Anda perkirakan akan mendekati planet kita.

Angka-angka pada grafik di atas memperkirakan berapa banyak asteroid yang bisa menabrak Bumi setiap tahun. Rata-rata sekali dalam setahun, asteroid setinggi empat meter akan melintasi permukaan Bumi.

Jika Anda menggandakan luas permukaan itu, Anda akan mendapatkan dua per tahun. Jari-jari bumi adalah 6.400 km. Sebuah bola dengan luas permukaan dua kali lipat memiliki radius 9.000 km. Jadi, kira-kira setahun sekali, asteroid empat meter akan datang dalam jarak 2.600 km dari permukaan Bumi – selisih antara 9.000 km dan 6.400 km.

Gandakan luas permukaan lagi dan Anda bisa berharap dua per tahun dalam jarak 6.400 km dari permukaan bumi, dan seterusnya. Ini cukup cocok dengan catatan terkini tentang pendekatan jarak dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper