Telkomsel Tuntaskan Upgrade 3G ke 4G di 504 Kota/Kabuputen, Jumlah Pelanggan Naik!

Rahmi Yati
Selasa, 20 Juni 2023 | 12:15 WIB
Petugas Telkomsel melayani pelanggan/Dok. Telkomsel
Petugas Telkomsel melayani pelanggan/Dok. Telkomsel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) telah mengalihkan (upgrade) seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten di Tanah Air. Langkah ini berdampak pada kualitas layanan Telkomsel yang makin prima di daerah-daerah tersebut. 

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan poses pengalihan 3G ke 4G yang dimulai pada Maret 2022 itu, secara bertahap dan terukur telah dirampungkan pada Juni 2023. Lebih dari 49.000 BTS yang awalnya 3G telah beralih ke 4G/LTE. 

"Kini lebih dari 96 persen wilayah populasi di Indonesia sudah terlayani jaringan 4G/LTE Telkomsel," ujarnya, Selasa (20/6/2023).

Menurut Nugroho, dengan pengalihan seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten, Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan jumlah pelanggan yang menggunakan uSIM (Universal Subscriber Identity Mobile) 4G sebesar 84 persen (YoY), yang diikuti dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 14 persen (YoY). 

Selain itu, sambungnya, dengan makin meratanya jaringan broadband 4G/LTE di seluruh wilayah Indonesia, Telkomsel juga mencatatkan adanya persentase peningkatan jumlah perangkat yang bermigrasi ke perangkat 4G, yakni sebanyak 51 persen (YoY). 

"Keberhasilan Telkomsel dalam melakukan seluruh proses peningkatan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten didukung oleh komitmen perusahaan, mulai dari tahap awal pengkajian, perencanaan dan persiapan yang matang, hingga kelancaran pelaksanaan proses yang telah dilakukan," imbuhnya.

Sementara itu Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo Wayan Toni Supriyanto mengapresiasi keberhasilan Telkomsel menuntaskan peningkatan seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten tersebut.

Dia berharap komitmen Telkomsel yang sejalan dengan program pemerintah untuk percepatan transformasi digital dapat memberikan pengalaman internet yang lebih cepat, stabil, dan andal bagi seluruh masyarakat, sekaligus mendukung pertumbuhan inklusi ekonomi digital Indonesia. 

"Ditjen PPI melalui Pusat Monitoring Telekomunikasi akan terus bekerja sama dengan seluruh operator untuk meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi kepada masyarakat," tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper