Jaringan 4G dan 5G Jadi Tumpuan Kestabilan Telkomsel Orbit

Rahmi Yati
Rabu, 14 Juni 2023 | 18:16 WIB
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memanfaatkan jaringan 4G dan 5G untuk menjaga keandalan layanan internet rumah Orbit.

Anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menjadikan orbit sebagai produk unggulan fixed mobile convengence (FMC) Telkomsel ke depan. 

VP  Corporate Communications Telkomsel Saki H. Bramono mengatakan dengan mengedepankan prinsip customer-centric, inovasi produk internet rumah Telkomsel Orbit diharapkan dapat mendorong peningkatan pengalaman digital bernilai tambah bagi seluruh lapisan masyarakat. 

“Telkomsel Orbit menggunakan jaringan terdepan 4G/LTE dan 5G yang mana dapat memberikan kualitas dan stabilitas yang secara umum sama baiknya dengan layanan fixed broadband,” kata Saki kepada Bisnis, Rabu (14/6/2023).   

Telkomsel Orbit diluncurkan pada pertengahan 2020. Sebagai teknologi nirkabel, Orbit ditargetkan dapat merangkul 5 juta pelanggan hingga 2025.

Saki mengatakan Telkomsel terus berusaha memastikan bahwa pengalaman pelanggan untuk menikmati layanan berbasis mobile broadband di area residensial tetap terjaga, seiring dengan dinamika perkembangan trafik komunikasi dan makin tingginya adopsi serta adaptasi masyarakat dalam pemanfaatan teknologi digital. 

Telkomsel memperhitungkan fitur dan konfigurasi perangkat modem, kapasitas jaringan yang tersedia, hingga jarak lokasi pelanggan ke BTS 4G/LTE maupun 5G.

“Secara umum, jenis perangkat serta kekuatan sinyal yang diterima menjadi poin utama yang menentukan kualitas layanan Telkomsel Orbit. Selain itu, kecepatan internet pelanggan Telkomsel Orbit dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kepadatan trafik jaringan, efek cuaca, dan gangguan teknis lainnya,” kata Saki. 

Saat ini terdapat 2 kategori produk Telkomsel Orbit, yaitu Telkomsel Orbit Home dan Telkomsel Orbit MiFi. 

Telkomsel Orbit Home merupakan produk bundling Telkomsel dengan perangkat modem 4G/LTE atau 5G stasioner yang dapat pelanggan gunakan di rumah, kantor, café, ataupun sekolah.

Adapun Telkomsel Orbit MiFi merupakan produk bundling Telkomsel dengan perangkat modem MiFi 4G/LTE yang dilengkapi baterai sehingga dapat pelanggan gunakan di seluruh jaringan Telkomsel dan roaming ke luar negeri.

Ke depan, Telkomsel Orbit akan menjadi salah satu komponen dalam strategi akuisisi pelanggan baru FMC dan cross-selling bernilai tambah bersama IndiHome dengan menghadirkan penawaran bundling pengalaman lengkap Fixed Broadband, Fixed Wireless Access (FWA), dan Mobile Broadband dalam satu paket komprehensif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper