Telkomsel Rilis Layanan Baru Bantu UMKM Ambil Keputusan Tepat

Rahmi Yati
Senin, 12 Juni 2023 | 22:19 WIB
Tampilan tSurvey.id di layar ponsel/Dok.Telkomsel
Tampilan tSurvey.id di layar ponsel/Dok.Telkomsel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Platform survei digital milik Telkomsel, tSurvey.id menghadirkan layanan khusus yang membantu pengambilan keputusan bisnis berbasis data bagi sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang mengatakan fitur solusi terbaru ini dapat mendorong transformasi serta akselerasi pertumbuhan bisnis melalui pemanfaatan teknologi digital terkini yang dapat dikostumisasi dan diakses secara mudah.

"Solusi berbasis insight khusus UMKM ini dapat membantu pelaku riset sektor UMKM melalui layanan tSurvey.id," ujarnya dalam siaran pers, Senin (12/6/2023).

Alfian menjelaskan, layanan ini akan menangkap berbagai insight dari seluruh pelanggan di Indonesia, mulai dari aspek kebiasaan, opini, hingga persepsi responden terhadap sebuah produk secara tepat, sehingga dapat membantu UMKM mengoptimalkan pemasaran dan penjualan produknya.

Layanan terbaru dari tSurvey.id untuk segmen UMKM ini, sambung dia, juga menghadirkan beragam fitur yang lebih user friendly, efisien, dan fleksibel untuk dapat dikerjakan serta digunakan sendiri, baik oleh pelaku UMKM maupun periset.

"Selain itu, layanan tersebut juga memiliki harga yang terjangkau dan didukung oleh kapabilitas platform tSurvey.id yang kaya akan data insight telco," imbuh Alfian.

Menurut data dari Kemenkominfo pada 2022, dari 64 juta UMKM di Indonesia hanya sekitar 32 persen yang sudah terdigitalisasi atau memanfaatkan teknologi digital.

Artinya, masih terdapat sekitar 68 persen UMKM yang belum memanfaatkan teknologi digital untuk mengakselerasi perkembangan bisnisnya.

Alfian mengatakan sebagai bagian dalam langkah memperluas portofolio layanan segmen UMKM, tSurvey.id juga melakukan riset untuk membantu Brodo, sebuah brand sepatu lokal enentukan arah strategi penjualan berbasis data.

Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan terhadap 500 responden di Wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat, tSurvey.id menemukan insight terkait preferensi konsumen dalam berbelanja barang fesyen, di mana sebanyak 84 persen responden memilih untuk berbelanja barang fesyen secara daring dengan alasan yang bervariasi.

Misalnya,44 persen memilih karena lebih mudah dan efisien, 40 persen memilih karena kemudahan dalam membandingkan harga dan promo, serta 9 persen memilih karena ketersedian variasi produk yang banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper