Daftar Gaji Pekerja AI di OpenAI hingga Microsoft, Tembus Rp5 Miliar!

Khadijah Shahnaz Fitra
Selasa, 13 Juni 2023 | 13:50 WIB
Ilustrasi kecerdasan buatan. /PSA
Ilustrasi kecerdasan buatan. /PSA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah perusahaan teknologi mulai berlomba mengembangkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang saat ini telah mengubah dunia. Mulai dari OpenAi, Adobe, hingga Microsoft berani menawarkan gaji hingga miliaran rupiah bagi pekerja berpengalaman untuk mengisi lowongan kerja di bidang AI.

Kecerdasan buatan yang terus berkembang menuntut para perusahaan teknologi untuk makin memperbarui keahlian pekerja mereka. Sayangnya, orang yang memiliki kemampuan tersebut masih jarang ditemui, kalaupun ada mereka sangat dipertahankan oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Hal tersebut yang menjadi alasan perusahaan teknologi menawarkan gaji yang tak masuk akal buat para pengembang teknologi AI. Kisaran gajinya apabila dikonversi bisa mencapai Rp5 miliar yang masih ditambah segudang fasilitas menggiurkan.

Berikut daftar lowongan kerja yang ditawarkan para perusahaan teknologi beserta perincian gaji dan fasilitas buat pekerja AI.

Daftar Gaji Pekerja AI:

1. Ilmuwan Riset, Pembelajaran Mesin - US$370.000 atau Rp5,49 miliar

OpenAI adalah perusahaan di balik ChatGPT, dan mereka sedang merekrut. Posisi di tim Riset Kebijakan ini adalah untuk seorang peneliti pembelajaran mesin yang berpengalaman. Kisaran gajinya adalah $200.000 hingga $370.000 dengan "ekuitas dan tunjangan yang besar" seperti cuti orang tua selama 29 minggu, asuransi untuk seluruh keluarga dan cuti tak terbatas.

Peran ini mencakup pengujian dan evaluasi sistem AI dan mengembangkan perbaikan untuk "kemampuan model yang berbahaya dan risiko eksistensial, keadilan dan representasi, serta perilaku model yang tidak jujur, halusinasi, atau yang tidak diinginkan."

Pekerjaan ini dilakukan di San Francisco, dan OpenAI pun menawarkan fasilitas relokasi.

2. Tim Kreatif - US$200.200 atau senilai Rp3 miliar

Adobe, perusahaan yang berada di balik Photoshop, Acrobat, dan yang lainnya, saat ini ingin merekrut seorang Senior Creative Evangelist yang berspesialisasi di bidang Kecerdasan Buatan. Peran ini adalah tentang membangun dan mendukung penggunaan dan pemahaman AI di dalam perusahaan (oleh karena itu disebut Evangelist).

Pekerjaan ini pun bayarannya bervariasi mulai dari US$100.100 hingga US$200.200 per tahun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper