Cara Melihat Stalker IG dengan Mudah, Bisa Tanpa Aplikasi

Nuraini
Kamis, 8 Juni 2023 | 15:50 WIB
Begini Cara Melihat Stalker IG dengan Mudah, Bisa Tanpa Aplikasi (freepik)
Begini Cara Melihat Stalker IG dengan Mudah, Bisa Tanpa Aplikasi (freepik)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Merasa akun Instagram Anda distalk dan penasaran siapa yang menguntit? Mungkin Anda harus mencoba beberapa cara melihat stalker IG di bawah ini. 

Namun patut diketahui, cara cek stalker IG ini tidak berlaku apabila akun Instagram dalam mode private dan bukan publik. Karena pada dasarnya mode private Instagram memudahkan Anda untuk mengatur batasan orang yang dapat melihat feed dan story Instagram Anda.

Berikut cara mengetahui yang stalker Instagram Anda.

Cara Melihat Stalker IG Tanpa Aplikasi

Ada beberapa fitur bawaan Instagram yang dapat Anda manfaatkan untuk mengetahui stalker Instagram Anda. Simak penjelasan mengenai cara melihat stalker IG berikut ini. 

  • Cek notifikasi atau interaksi profil Instagram

Cara mengetahui stalker IG ini cukup mudah yaitu cukup klik ikon hati di Instagram. Dengan metode ini, Anda dapat mengetahui orang-orang mencurigakan yang terus-terusan menyukai maupun mengomentari postingan feed, reels, maupun IG story Anda. 

  • Cek siapa saja yang melihat IG story

Pada bagian activity atau viewers biasanya tersedia daftar pemirsa Instagram story Anda. Dari situ carilah orang-orang yang mencurigakan. 

Biasanya stalker tidak mengikuti akun Instagram Anda dan menguntit dengan cara memantau Instagram story korbannya. Anda juga dapat memblokir pengguna tidak dikenal tersebut apabila ia terus-terusan melihat Instagram story tanpa mem-follow IG Anda.

Cara Mengecek Stalker IG Pakai Aplikasi

Ada beberapa alternatif lain cara melihat stalker IG yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda download melalui PlayStore maupun AppStore. Perlu diketahui, bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga berarti mengizinkan aplikasi tersebut untuk mengakses Instagram Anda. Tanpa panjang lebar berikut rekomendasi beberapa aplikasi tersebut.

  • FollowMeter

Cara cek stalker IG menggunakan aplikasi FollowMeter cukup mudah. Setelah login dan mengikuti instruksi penggunaan aplikasi, yang perlu Anda lakukan adalah mengecek siapa saja yang sering mengunjungi profil Instagram Anda. 

Kegunaan FollowMeter tidak terbatas untuk mengecek stalker IG. Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mengetahui daftar orang yang meng-unfollow, memblokir dan tidak mengikuti balik akun Instagram Anda.

  • Follower Analyzer for Instagram

Kegunaan aplikasi ini tidak jauh berbeda dari FollowMeter. Fitur-fitur yang tersedia juga tidak terbatas hanya mengenai cara cek stalker IG saja melainkan juga bermacam informasi akun Instagram. Diantaranya untuk mengetahui pengunjung profil, Instagram Story, Postingan, Reels, serta statistik akun Instagram dan masih banyak fitur lainnya.

  • Analyzer Plus

Cara melihat stalker IG berikutnya yakni dengan Analyzer Plus. Ada berbagai informasi penting lainnya, misalnya statistik detail laju perkembangan jumlah followers, statistik like dan komen pada setiap postingan.

  • iAssistant Followers Analysis

Beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi ini hampir mirip dengan ketiga aplikasi di atas. Salah satu fitur cara melihat stalker IG ini meliputi data perkembangan akun Instagram seperti data followers, unfollowers, akun yang memblokir, dan juga statistik setiap postingan Instagram.

Cara Menghindari Stalker Instagram

Apabila Anda ingin mengantisipasi adanya stalker pada akun Anda, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut.

  • Ubah mode akun Anda dari publik menjadi akun pribadi atau private account

Pada dasarnya, cara paling ampuh untuk menghindari dan mengantisipasi adanya stalker Instagram adalah dengan mengatur status atau mode akun Instagram Anda ke dalam mode private. Untuk melakukannya, buka bagian privasi atau privacy lalu tekan switch pada bagian Private Account berlogo gembok. 

  • Ubah peraturan privasi akun Anda

Apabila Anda tidak ingin mem-private akun, Anda juga dapat membatasi beberapa privasi pada akun Instagram. Misalnya adalah mengatur batas interaksi yang tidak diinginkan pada bagian Limit di menu Privacy. Untuk membatasi pemirsa story, Anda diberi pilihan untuk membagikannya pada orang-orang tertentu yaitu dengan mengatur daftar close friend.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper