Xiaomi 13 Ultra: Punya Lensa Leica 50MP, Spek Gahar!

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 20 April 2023 | 12:47 WIB
Tampilan Xiaomi Ultra 13./ Dok. Xiaomi
Tampilan Xiaomi Ultra 13./ Dok. Xiaomi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen asal China, Xiaomi, baru saja meluncurkan ponsel terbaru bernama Xiaomi 13 Ultra, yang memiliki berbagai fitur kamera dengan spek gahar.

Dilansir dari laman resminya, Kamis (20/4/2023), kerja sama strategis antara Xiaomi dan Leica juga membuat Xiaomi 13 Ultra memiliki karakteristik ukuran yang ringkas, aperture besar, kinerja pencitraan tinggi, keandalan, dan daya tahan.

Xiaomi 13 Ultra dilengkapi dengan fitur lensa Summicron co-enggineered Leica yang terdapat di empat kameranya. Smartphone flagship Xiaomi ini memiliki kamera utama Leica 50MP bukaan ƒ1.9 dan ƒ/4.0. Bukaan ini akan membantu pengguna dalam mengontrol asupan cahaya dan kedalaman bidang, sehingga menawarkan lebih banyak kebebasan kepada pembuat konten dalam menyesuaikan eksposur berdasarkan skenario yang berbeda.

Xiaomi 13 Ultra dilengkapi dengan sistem kamera quad dengan lensa optik Leica yang mencakup panjang fokus mulai dari 12mm (ultra-wide angle), 23mm (wide angle), 75mm (telephoto), hingga 120mm (super-telephoto), juga sebagai tambahan panjang 46mm dan 240mm melalui In-Sensor-Zoom.

Tiga dari kamera Xiaomi 13 Ultra menampilkan aperture yang lebih lebar dari ƒ/2.0, yang menghadirkan lebih banyak cahaya dan kedalaman bidang yang dangkal, serta memungkinkan waktu rana yang lebih pendek, sehingga lebih cepat menangkap momen-momen penting.

Terinspirasi oleh metode pemotretan "hyperfocal distance" yang biasa digunakan oleh fotografer jalanan, Xiaomi 13 Ultra menghadirkan mode Fast Shot baru yang memungkinkan pengambilan snapshot bebas fokus dengan mengatur titik fokus secara manual, dan kemudian memulai dan mengabadikan momen hanya dalam 0,8 detik.

Xiaomi 13 Ultra telah sepenuhnya mengoptimalkan alur kerja RAW, dan lebih banyak algoritma dimigrasikan ke domain RAW untuk memaksimalkan jangkauan dinamis, detail, dan tekstur gambar, sehingga meningkatkan kualitas gambar secara signifikan.

Xiaomi Ultra 13
Xiaomi Ultra 13

Kamera utama mendukung RAW 50MP, menghadirkan resolusi pencitraan yang lebih tinggi, sekaligus menyediakan UltraRAW 14-bit multi-bingkai, yang mengambil data langsung dari saluran komputasi, menghadirkan resolusi yang lebih baik dan jangkauan dinamis yang tinggi.

Dalam hal tampilan, Xiaomi 13 Ultra menampilkan layar WQHD+ pro-grade 6,73" dengan akurasi warna yang sangat baik dan kecerahan puncak hingga 2600 nits, yang membuat gambar menjadi sangat terang.

Layar ini juga dikalibrasi sesuai dengan kolorimetri CIE 2015 baru, yang mendukung manajemen warna otomatis yang sempurna untuk memastikan presentasi warna  akurat dan konsisten di berbagai tampilan dari perangkat Xiaomi.

Xiaomi 13 Ultra juga mendukung pengalaman end-to-end yang didukung oleh Dolby Vision®, menangkap dengan warna-warna cerah, kontras dan kecerahan yang mencengangkan, bersama dengan tampilan panorama detail yang kaya di area gelap dan terang, sambil menawarkan kesempatan kepada pengguna untuk berbagi pengalaman mereka sendiri.

Adapun dalam perkenalannya di China, ponsel ini dibanderol dengan harga 5.999 yuan (Rp13 juta) untuk 12GB + 256GB dan 6.499 yuan (Rp14 juta) untuk 16GB + 512GB. Kemudian untuk model 16GB +1TB dibanderol dengan harga 7.299 yuan (Rp15,8 juta).  

Xiaomi 13 Ultra hadir dalam warna Hitam, Putih, dan Hijau Zaitun. Xiaomi mulai menjualnya di China mulai 21 April dan dipasarkan ke global dalam beberapa bulan setelahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper