Top 5 Ponsel Unik di Dunia, Ada Xiaomi Hingga LG

Elsa Hayati Sukma
Kamis, 23 Maret 2023 | 21:37 WIB
Xiaomi Mi MIX Alpha
Xiaomi Mi MIX Alpha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ponsel menjadi salah satu kebutuhan semua orang untuk berkomunikasi. Berbagai macam merk dan tipe model ponsel yang unik menjadi salah satu incaran dunia dalam pasar global. Beberapa produk diantaranya merupakan buatan dari China.

Merk buatan China saat ini memegang tiga tempat di lima merek ponsel teratas di dunia yaitu Xiaomi, Oppo, dan Vivo yang bersaing dengan ponsel unik merk Amerika Huawei dan dari Korea Selatan LG dan Samsung.

Setelah lebih dari 10 tahun pertumbuhan pesat, dapat dikatakan bahwa pasar ponsel China adalah tulang punggung industri ponsel global.

Namun, salah satu masalah yang ada di pasar global adalah homogenitas produk yang artinya tidak banyak ponsel unik di Industri ini.

Para pelanggan dapat membeli berbagai model ponsel karena merupakan rantai manufaktur yang sangat maju dan luas.

Namun, beberapa versi di pasaran mungkin memiliki merk dan model yang berbeda. Mulai dari pembuatan aksesoris internal dan bahkan pengecoran yang digunakan. Hal tersebut membuat maraknya era masa depan ponsel lebih dari 10 tahun lalu tidak dapat meniru ponsel yang dibuat masa kini.

Faktanya, pabrik juga menyadari masalah ini dan telah berupaya keras dalam desain, warna dan bahan pembuatan untuk membedakan desain ponsel dengan yang lain.

Selain itu, beberapa ponsel dengan tampilan yang berbeda merupakan ciri khas yang saat ini tersedia di pasaran.

Berikut ini adalah 5 daftar ponsel unik di dunia yang wajib kamu ketahui:

1. Meizu Zaro

Top 5 Ponsel Unik di Dunia, Ada Xiaomi Hingga LG

Ponsel yang berasal dari China ini sebagian besar ponsel unggulan di pasaran saat ini mendukung IP68 yang tahan debu dan air. Body ponsel ini tidak memiliki celah sama sekali dan hanya pengisian nirkabel bukan pengisian kabel. Selain tidak memiliki lubang speaker, ponsel ini mentransmisikan suara melalui teknologi suara layar yang unik. Tombol sebenarnya juga telah diubah menjadi tombol tekan samping virtual.

Teknologi e-SIM yang dimiliki ponsel ini telah menggantikan slot SIM pada kartu, yang menghasilkan inovatif ponsel non-porous dengan menggabungkan semua teknologi. Meskipun ponsel ini menjadi ponsel unik namun sebenarnya Meizu Zero memiliki banyak masalah teknis, pengalaman pengguna yang buruk dan biaya produksi yang mahal.

2. Xiaomi Mi MIX Alpha

Top 5 Ponsel Unik di Dunia, Ada Xiaomi Hingga LG

Ponsel ini merupakan ponsel yang unik dengan harga sekitar 19.999 yuan atau setara Rp44 juta Xiaomi tidak secara resmi meluncurkan produknya ini. Pada tahun 2019 Samsung merilis ponsel lipat pertamanya, meskipun Xiaomi tidak merilis ponsel yang dilipat pada tahun yang sama namun Xiaomi menampilkan sesuatu yang unik dengan Xiaomi Mi MIX Alpha yang mempunyai layar ponsel pembungkus yang khas.

Layar ponsel membungkus ke belakang kedua sisi, Layar ponsel ini juga menutupi sebagian besar panel belakang hanya menyisakan strip keramik tipis. Selain itu ponsel ini menggunakan sistem pencitraan dan sensor 100MP yang berbeda dari ponsel lainnya.

3. LG Wing

Top 5 Ponsel Unik di Dunia, Ada Xiaomi Hingga LG

Ponsel asal Korea Selatan ini menempati posisi penting dalam industri smartphone. LG memperkenalkan produk ikonik dalam jumlah tak terbatas pada pasar global. Namun sayangnya, LG telah sepenuhnya berhenti bersaing di industri ponsel. Meskipun berhenti bersaing LG Wings adalah salah satu model yang diproduksi LG selama tahun-tahun terakhirnya di industri ponsel yang patut disebutkan.

Ponsel unik ini diluncurkan pada tahun 2020 dengan layar putar bersamaan dengan peluncuran Xiaomi MIX Alpha. Perangkat ini didesain secara terpisah dan setengah bagian atas berfungsi sebagai tumpuan, layar utamanya dapat berputar 90 derajat yang memperhatikan layar sekunder di bawahnya. Ponsel LG Wing ini berbobot 260g, dan terlalu banyak berkorban pada desain layar putar yang kebanyakan orang tidak menyukainya.

4. Tecno Phantom X2 Pro

Top 5 Ponsel Unik di Dunia, Ada Xiaomi Hingga LG

Meski memiliki peringkat pasar dalam sepuluh besar merk ponsel China secara global, banyak orang yang tidak terkesan dengan Transsion. Produsen uni memiliki pasar di Afrika dan bahkan pasar ponsel “Raja Afrika”. Meskipun tidak sepopuler beberapa merk besar, ponsel ini memiliki salah satu ponsel terunik di dunia.

Tecno Phantom X2 Pro menjadi ponsel unik tetapi tidak seunik dengan ponsel Meizu Zero, Xiaomi Mi MIX Alpha dan LG Wing. Tecno Phantom X2 Pro menawarkan banyak aspek positif pertama di dunia yang memiliki lensa potret 50MP yang dapat ditarik. Sebagian besar ponsel lain tidak memiliki kemampuan ini yang memungkinkan lensa potret belakang ditarik seperti lensa kamera. Berbeda dengan tiga jenis yang telah disebutkan diatas ponsel Tecno Phantom X2 Pro ini dapat melihat cahaya hari dan tetap bertahan di pasaran.

5. Lenovo Legion Y90

Top 5 Ponsel Unik di Dunia, Ada Xiaomi Hingga LG

Perangkat game seluler telah mengalami pengen membangan selama bertahun-tahun. Pabrik seperti Black SHark dan Red Magic telah sukses di industri ini. Lenovo Legion Y90 menjadi perhatian dalam orisinalitas desain jika dibandingkan dengan perangkat lainnya. Desain ponsel ini memiliki dua kategori salah satunya adalah kamera tengah yang ditemukan di perangkat Huawei Mate 50, OnePlus 8 Pro, Redmi K30 dan lainnya.

Kamera pada ponsel ini adalah kamera samping yang masuk dalam kategori kameranya “di pinggang”. Lenovo Legion Y90 dirancang sebagai ponsel gaming dengan mempertimbangkan pengalaman pemain saat memegang ponsel horizontal. Modul lensa dipindahkan jauh lebih rendah karena sebagian besar gamer memegang ponsel mereka secara horizontal. Inovasi ini dibuat di atas pengetahuan mendalam tentang positioning produknya sendiri. Modul kamera downshifted Legion Y90 tentu sangat meningkatkan pengalaman bermain game bagi para gamers.

Itulah 5 ponsel top unik dengan desain, bentuk dan fitur yang berbeda dengan ponsel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper