3 Galaksi akan Tabrakan, Apa Dampaknya pada Bumi?

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 22 Februari 2023 | 09:29 WIB
Galaksi
Galaksi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tangkapan video dari teleskop luar angkasa Hubble menunjukkan tiga galaksi menuju tabrakan dan penggabungan.

Meskipun tabrakan galaksi cukup umum, tapi fenomena yang satu ini jarang terjadi karena masing-masing dari ketiga galaksi saat ini sedang melahirkan bintang-bintang baru.

Tiga galaksi yang terlihat di konstelasi Boötes itu, pada akhirnya akan bergabung membentuk satu galaksi besar.

Dalam prosesnya, struktur spiral yang sekarang diperlihatkan oleh galaksi-galaksi akan musnah akibat interaksi gravitasi antara ketiganya.

Tiga galaksi, yang secara kolektif dikenal sebagai SDSSCGB 10189, cukup dekat untuk tampak menyatu. Bentuk galaksi sudah terdistorsi dan untaian gas dan debu terlihat menghubungkannya. Tiga galaksi memancarkan banyak cahaya.

Saat tabrakan terungkap, galaksi spiral yang tidak terhubung ke kiri duduk dengan tenang, hampir seperti kosmik yang setara dengan "rubbernecking" yang lewat, tabrakan yang lebih membumi yang terjadi di jalan raya di planet kita ini.

Dalam SDSSCGB 10189, tiga galaksi besar pembentuk bintang hanya berjarak 50.000 tahun cahaya satu sama lain.

Meskipun ini mungkin tampak seperti jarak yang sangat jauh yang tidak membawa banyak bahaya tabrakan, dalam istilah kosmik sebenarnya sangat dekat.

Misalnya, Andromeda, galaksi terdekat dengan Bima Sakti kita, berjarak lebih dari 2,5 juta tahun cahaya dari matahari.

Gambar Teleskop Luar Angkasa Hubble yang baru adalah bagian dari penyelidikan tentang asal-usul galaksi terbesar dan paling masif di alam semesta, yang oleh para astronom disebut Brightest Cluster Galaxies (BCGs).

BCG terbentuk ketika galaksi besar menelan galaksi yang lebih kecil atau ketika galaksi kaya gas seperti trio ini bertabrakan dan bergabung.

Gugus galaksi semacam itu dapat digunakan untuk melacak pembentukan gugus galaksi, yang merupakan struktur kosmik yang sangat besar yang terdiri dari ratusan atau bahkan ribuan galaksi.

Para ilmuwan juga berharap bahwa BCG dapat memberikan petunjuk tentang evolusi dari apa yang disebut "jaring kosmik", struktur rumpun dan filamen materi yang kusut yang dibentuk oleh materi gelap yang menghubungkan galaksi individu dalam sebuah gugus.

Penggabungan SDSSCGB 10189 dapat menghasilkan kelahiran BCG dan dengan demikian akhirnya dapat menjelaskan misteri bagaimana dan kapan galaksi terang masif ini terbentuk.

Dampaknya pada bumi

Membuka kotrek melalui kosmos, tiga galaksi jauh bertabrakan dalam gambar baru yang menakjubkan yang ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA.

Tabrakan kosmik ini dikenal sebagai penggabungan tiga galaksi, ketika tiga galaksi perlahan-lahan saling mendekat dan saling mencabik-cabik dengan gaya gravitasi yang bersaing.

Penggabungan seperti ini biasa terjadi di seluruh alam semesta, dan semua galaksi besar termasuk di Bima Sakti.

Meski kelihatannya semrawut, penggabungan seperti ini menghasilkan sesuatu. Saat gas dari tiga galaksi tetangga bertabrakan dan memadat, lautan materi yang luas dari mana bintang-bintang baru akan muncul berkumpul di pusat galaksi yang baru bersatu.

Bintang-bintang yang ada, akan selamat dari kecelakaan itu sebagian besar tanpa cedera; sementara tarik-menarik gravitasi di antara tiga galaksi akan membengkokkan jalur orbit banyak bintang yang ada.

Begitu banyak ruang yang ada di antara bintang-bintang itu sehingga hanya sedikit dari mereka yang kemungkinan akan bertabrakan, Live Science melaporkan.

Gugus galaksi yang terlihat di atas disebut IC 2431, terletak sekitar 681 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Cancer, menurut NASA.

Para astronom mendeteksi penggabungan tersebut berkat proyek sains warga yang disebut Kebun Binatang Galaxy, yang mengundang lebih dari 100.000 sukarelawan untuk mengklasifikasikan gambar 900.000 galaksi yang ditangkap oleh teleskop Hubble yang tidak pernah diperiksa secara menyeluruh.

Proyek crowdsourced diselesaikan dalam 175 hari apa yang akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dicapai oleh para astronom, menurut NASA, dan inisiatif tersebut telah menghasilkan sejumlah penemuan aneh dan menarik, seperti ini.

Mempelajari penggabungan galaksi dapat membantu para astronom lebih memahami masa lalu dan masa depan Bima Sakti.

Bima Sakti diperkirakan telah melahap lebih dari selusin galaksi selama 12 miliar tahun terakhir, termasuk selama penggabungan sosis Gaia yang bernama luar biasa, Live Science melaporkan sebelumnya.

Sementara itu, galaksi kita berada di jalur yang tepat untuk bergabung dengan galaksi Andromeda terdekat sekitar 4,5 miliar tahun dari sekarang.

Penggabungan tersebut akan benar-benar mengubah langit malam di atas Bumi, tetapi kemungkinan besar akan membuat tata surya tidak terancam, menurut NASA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper