Asteroid Sebesar 10 Kali Lipat Lapangan Sepak Bola Meluncur Menuju Bumi

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 16 Februari 2023 | 15:42 WIB
Asteroid menuju bumi
Asteroid menuju bumi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah asteroid berukuran lima hingga 10 lapangan sepak bola akan melintas dengan aman di Bumi malam ini.

Asteroid yang diberi nama asteroid (199145) 2005 YY128 itu, berjarak sekitar 2,8 juta mil (4,5 juta kilometer) dari Bumi, atau 12 kali jarak rata-rata antara Bumi dan bulan.

Para ilmuwan tidak yakin seberapa besar asteroid itu; perkiraan berkisar dari 1.900 hingga 4.265 kaki (580 hingga 1.300 meter).

Dengan ukuran rata-ratanya diperkirakan sekitar 3.100 kaki (944 m), asteroid itu akan berukuran sekitar dua kali lebih lebar dari tinggi One World Trade Center di New York City.

NASA mengklasifikasikan asteroid sebagai objek dekat Bumi (NEO) karena orbitnya membawanya dalam jarak 30 juta mil (48 juta km) dari orbit Bumi.

Terlebih lagi, batuan antariksa secara teknis merupakan "objek yang berpotensi berbahaya (buka di tab baru)" (PHO) karena lebih besar dari 492 kaki (150 m) dan orbitnya membawanya dalam jarak sekitar 4,6 juta mil (7,4 juta km) dari Bumi. 

Terlepas dari klasifikasi itu, asteroid tampaknya tidak menimbulkan ancaman apa pun bagi planet kita di masa mendatang.

Para ilmuwan di NASA dapat secara akurat menghitung lintasan asteroid lebih dari 100 tahun ke depan, dan asteroid tidak akan datang lebih dekat dari terbang lintas malam ini sebelum tahun 2171, ketika akan lewat pada 28 September pada 6 juta mil (10 juta km).

Asteroid (199145) 2005 YY128 ditemukan pada tahun 2005 oleh para ilmuwan menggunakan Kitt Peak Observatory di Arizona.

Ketika para ilmuwan menemukan asteroid baru, mereka melaporkannya ke Pusat Planet Kecil Persatuan Astronomi Internasional, yang bertempat di Observatorium Astrofisika Smithsonian di Cambridge, Massachusetts.

Kemudian, para ilmuwan di seluruh dunia dapat mengamati asteroid tersebut dan menghitung lintasannya. Semua NEO dan PHO dipantau dengan cermat oleh NASA dan badan antariksa lainnya di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper