Apa Itu ChatGPT? Aplikasi yang Sukses Paksa Google 'Putar Otak'

Khadijah Shahnaz Fitra
Kamis, 9 Februari 2023 | 16:59 WIB
Ilustrasi chatGPT. /tangkapan layar-Novita S. Simamora
Ilustrasi chatGPT. /tangkapan layar-Novita S. Simamora
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa pekan terahkir nama ChatGPT kerap dibicarakan. Mesin pencari atau search engine ini pun sukses membuat perusahaan raksasa teknologi seperti Google sampai putar otak untuk merespons pesaing barunya.

Saat ini Google dikabarkan akan merilis chatbot berbasis kecerdasan buatan atau AI besutannya sendiri dengan nama Bard. Produk terbaru ini digadang-gadang akan menjadi pesaing ChatGPT yang mendapat dukungan dari Microsoft.

Dilansir dari laman resminya, Kamis (9/2/2023), ChatGPT adalah model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI yang menggunakan pembelajaran mesin untuk menghasilkan teks mirip manusia.

ChatGPT pun dilatih pada kumpulan data teks yang besar dan mampu memahami dan menanggapi berbagai topik dan pertanyaan. Ini dapat digunakan untuk berbagai tugas seperti terjemahan bahasa, menjawab pertanyaan, dan pembuatan teks.

Tidak gentar membuat Google ketar ketir, OpenAI baru saja meluncurkan ChatGPT Plus, layanan berbayar ini akan memberikan pengguna memasuki akses prioritas chatbot AI. Dengan memilih paket berlangganan ChatGPT Plus ini, pengguna akan diprioritaskan saat mengakses ChatGPT ketika banyak orang menggunakan layanan yang sama.

Bukan itu saja, pengguna juga mendapat waktu respons yang lebih cepat serta akses prioritas ke fitur dan peningkatan layanan baru. Sejauh ini, ChatGPT Plus baru tersedia di Amerika Serikat dengan biaya langganan US$20 atau sekitar Rp298.000.

Adapun, untuk bergabung, pengguna dapat mendaftar ke daftar tunggu ChatGPT Plus. Daftar tunggunya tidak sama dengan daftar tunggu yang dikirim OpenAI untuk ChatGPT Professional pada awal Januari. Nantinya, perusahaan akan mulai mengundang orang dari daftar tunggu tersebut dalam beberapa pekan mendatang.

"Ada juga daftar tunggu terpisah untuk penawaran lain yang rencananya akan diluncurkan OpenAI khusus untuk pengembang yang disebut ChatGPT API," kata OpenAI dalam keterangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper