Telkomsel Hadirkan Private Network di Sektor Pertambangan, Ini Keunggulannya

Rahmi Yati
Rabu, 8 Februari 2023 | 22:40 WIB
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telkomsel baru-baru ini menjalin kolaborasi bersama PT Putra Perkasa Abadi (PPA) dalam menghadirkan penerapan layanan private network guna mengakselerasikan solusi smart mining yang dapat mendukung operasional industri pertambangan di Indonesia.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, hadirnya layanan ini bertujuan agar operasional sektor tersebut lebih aman, terkoneksi, dan terintegrasi.

"Private network Telkomsel memungkinkan PT PPA untuk memiliki konektivitas dengan tingkat reliabilitas dan keamanan tinggi," kata Nugroho kepada Bisnis, Selasa (7/2/2023).

Bukan itu saja, dia mengeklaim jaringan privat ini memberikan latensi yang lebih rendah, yakni di bawah 50 milisecond (ms) yang mampu mendukung proses otomasi di setiap aktivitas pertambangan maupun operasional perusahaan dengan mudah.

Ketersediaan latensi rendah, sambung Nugroho, juga akan mendukung proses monitor aktivitas secara lebih real-time karena semua data dapat diintegrasikan untuk menciptakan proses kerja yang lebih aman.

"Kemudian, akses jaringan yang lebih cepat akan membuat perusahaan mampu menerima data secara real-time untuk pengambilan keputusan yang lebih cepat," imbuh dia.

Lebih lanjut, dia menuturkan, kebutuhan PT PPA terhadap informasi data secara real-time sangat tinggi, terutama dalam memonitoring penggunaan bahan bakar pada setiap kendaraannya.

Untuk itu, pihaknya mengimplementasikan solusi fuel monitoring dengan IoT Intelligent Tank Monitoring System (Intank).

Tak hanya itu, guna memastikan penerapan solusi smart mining berjalan optimal, Telkomsel juga turut membangun infrastruktur pendukung lainnya, yaitu infrastruktur IAAS dan pembangunan BTS untuk memastikan ketercakupan jaringan Telkomsel Private Network menjangkau seluruh area operasional PT PPA.

Adapun, jaringan privat adalah jaringan khusus yang hanya dapat diakses oleh orang-orang atau perusahaan yang telah diizinkan atau terdaftar.

Dengan dedikasi jaringan khusus ini, perusahaan dapat mengelola dan memantau akses ke informasi internal dengan tetap menjaga privasi dan lebih aman dari serangan siber.

Di industri telekomunikasi global, teknologi pertambangan cerdas bukanlah hal baru. Teknologi ini sudah terbukti efektif diterapkan di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, China, Swedia, dan Rusia.

Sementara itu, pertambangan cerdas yang diterapkan Telkomsel di Freeport Indonesia dan PPA merupakan yang pertama di Asia Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper