Indosat Susul Smartfren Rilis eSIM, Telkomsel dan XL Axiata Kapan?

Rahmi Yati
Kamis, 22 Desember 2022 | 22:17 WIB
Karyawan beraktivitas di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) jadi operator seluler kedua setelah Smartfren yang merilis produk eSIM (SIM Digital) di Indonesia. Lantas bagaimana dengan Telkomsel dan XL Axiata?

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan pihaknya saat ini terus melakukan review atas implementasi teknologi eSIM di Tanah Air, terutama dalam memastikan kesiapan ekosistem industri untuk mengadopsi perkembangan teknologi terbaru ini.

"Dalam perkembangan eSIM di Indonesia, Telkomsel juga akan mentaati regulasi atau kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah nantinya," ujarnya, Kamis (22/12/2022).

Senada, Group Head Corporate Communication XL Axiata Retno Wulan menuturkan pihaknya juga sedang mengkaji penerapan teknologi eSIM.

Secara jaringan, dia menyebut XL Axiata telah siap untuk implementasi eSIM. Bahkan, secara internal sejumlah karyawan XL telah menggunakan layanan tersebut.

"Akan tetapi, sebelum layanan eSIM diluncurkan, kami perlu memastikan pengalaman konsumen tetap terjaga dengan baik sehingga kami masih mengkaji penerapan teknologi eSIM dan memastikan kesiapan ekosistem industri untuk mengadopsi teknologi terbaru ini," imbuhnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Indosat Ooredoo Hutchison merilis produk eSIM di Indonesia. Saat ini, layanan tersebut baru tersedia di beberapa gerai di Jakarta.

SVP-Head of Corporate Communications of IOH Steve Saerang mengatakan eSIM ini merupakan teknologi baru yang memungkinkan pelanggan dapat mengakses jaringan IOH ke perangkat/handphone tanpa menggunakan kartu SIM fisik.

"Indosat Ooredoo Hutchison telah menyediakan produk eSIM di beberapa gerai di Jakarta. Untuk selanjutnya, produk ini juga akan tersedia secara nasional dalam waktu dekat," kata Steve dalam keterangannya, Kamis (22/12/2022).

Dia menyebut, pada fase awal ini, pelanggan dapat melakukan aktivasi nomor baru dan penggantian kartu fisik nomor lama IM3, baik prabayar maupun pascabayar.

Adapun lokasinya, sambung Steve, tersedia di Gerai Pusat (Kantor Pusat Indosat Ooredoo Hutchison), Pondok Indah, Roxy, Kota Kasablanka, Mangga Dua, dan Mall Ambassador.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper