Indosat Susul Smartfren Rilis eSIM, Telkomsel dan XL Axiata Kapan?

Rahmi Yati
Kamis, 22 Desember 2022 | 22:17 WIB
Karyawan beraktivitas di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

 "Untuk mendapatkan eSIM, caranya mudah. Kunjungi gerai yang tersedia, beli kartu eSIM atau tukar kartu SIM dengan eSIM, verifikasi informasi pribadi untuk aktivasi eSIM QR, kemudian scan QR dari perangkat dan selamat menikmati layanan eSIM," terang Steve.

Sementara itu pada Juli 2019, Smartfren telah lebih dulu meluncurkan layanan eSIM bagi pelanggannya. SIM digital ini diklaim dapat mendukung fleksibilitas para pelanggan dalam mengatur preferensi data, voice dan SMS.

“Teknologi eSIM merupakan salah satu terobosan bagi Smartfren. Proses migrasi bagi para pelanggan lama pun cukup mudah dan konsumen tidak akan lagi mengalami masalah yang berkaitan dengan SIM Card,” kata Sub Grup Head Device and Innovation Smartfren Amith Sethi kala itu.

Adapun menurut peneliti gawai sekaligus pendiri dari komunitas Gadtotrade Lucky Sebastian, terdapat beberapa kelebihan dari penggunaan fitur eSIM.

Di antaranya, tidak lagi dibutuhkan slot kartu SIM fisik mengingat area perangkat smartphone yang terbatas. Dengan begitu area tersebut bisa dipakai untuk fitur lainnya.

"Misalnya, bisa digunakan untuk sensor atau baterai yang lebih besar karena eSIM hanya berupa sebuah cip kecil pada matherboard. Selain itu kartu SIM yang kecil mudah tercecer, sementara eSIM menempel dengan smartphone tanpa material fisik," ujar Lucky.

Tak hanya itu, dia menambahkan bahwa eSIM bisa dimasuki beberapa nomor smartphone, walau tidak bisa aktif secara bersamaan.

Kalau perangkat hilang, imbuhnya, pencuri tidak akan mudah untuk menonaktifkannya, apalagi bila menggunakan password.

"Jadi device masih bisa dilacak. Selain itu kartu SIM fisik saat jatuh ke tangan orang lain bisa disalahgunakan, sementara eSIM yang di-password akan lebih sulit digunakan. Saat device hilang, kita dengan mudah bisa memindahkan nomor eSIM ke smartphone lain," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper