Smartfren Pastikan Ikuti Lelang Frekuensi 700 MHz

Rahmi Yati
Senin, 12 Desember 2022 | 19:52 WIB
Karyawan melayani pengunjung gerai Smartfren di Jakarta, Rabu (7/9/2022).Bisnis/Abdurachman
Karyawan melayani pengunjung gerai Smartfren di Jakarta, Rabu (7/9/2022).Bisnis/Abdurachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Operator seluler Smartfren berminat ikut lelang pita frekuensi 700 MHz yang akan dibuka Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada tahun depan.

President Director Smartfren Merza Fachys mengatakan pihaknya selalu terbuka terhadap berbagai peluang untuk meningkatkan kualitas dan memberikan layanan terbaik untuk pelanggan.

"Jika pemerintah membuka lelang untuk frekuensi 700 MHz, kami dengan senang hati akan ikut serta dalam lelang tersebut," ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (12/12/2022).

Apalagi, sambung Merza, bila pemerintah membuka lelang dengan harga dasar yang lebih terjangkau. Pasalnya, frekuensi ini dinilai akan memberikan manfaat yang cukup besar untuk pengembangan 5G di Tanah Air.

Menurut dia, saat ini masih banyak sekali ruang dan potensi untuk pengembangan 5G. Hal tersebut terlihat dari banyaknya ekosistem yang berkembang dari sisi perangkat komersil yang mendukung 5G.

"Dan kami yakin tahun 2023 serta tahun-tahun berikutnya akan ada lebih banyak perkembangan serta variasi dari ekosistem 5G ini, baik itu perkembangan teknologi yang digunakan pada industri, layanan umum atau untuk kebutuhan yang mission critical, seperti kesehatan dan transportasi," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Kemenkominfo akan melelang pita frekuensi 700 MHz kepada operator seluler pada kuartal I/2023.

Direktur Penataan Sumber Daya Ditjen SDPPI Kemenkominfo, Denny Setiawan, mengatakan saat ini frekuensi tersebut masih dipakai untuk penyiaran.

Untuk itu, nantinya setelah proses migrasi siaran TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO) selesai, spektrum frekuensi 700 MHz akan bisa digunakan.

"Di kuartal I/2023 Insya Allah bapak ibu, kita bisa rilis 700 MHz. Jadi, nanti 5G bisa masuk ke pedesaan," kata Denny dalam diskusi Digital Telco Outlook 2023 di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Dia menyebut, usai program ASO rampung, akan ada digital dividen di pita frekuensi 700 MHz sebesar 112 MHz yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk layanan internet ataupun kebutuhan lainnya.

Frekuensi ini, imbuh Denny, juga akan bisa memaksimalkan penggelaran jaringan 4G hingga 5G di Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper