Apple Akui Pakai Sensor Sony untuk Kamera iPhone

Khadijah Shahnaz Fitra
Rabu, 14 Desember 2022 | 14:58 WIB
iPhone 14/Bloomberg
iPhone 14/Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple, perusahaan raksasa teknologi asal Amerika Serikat, mengakui memakai sensor gambar Sony pada kamera iPhone.

Dilansir dari The Verge, Rabu (14/12/2022) CEO Apple Tim Cook mengatakan hal tersebut melalui akun Twitter sembari melakukan tur di kantor pusat Sony di Jepang.

“Kami telah bermitra dengan Sony selama lebih dari satu dekade untuk menciptakan sensor kamera terdepan di dunia untuk iPhone,” cuit Cook, dikutip Rabu (14/12/2022).

Cook juga berterima kasih kepada CEO Sony Kenichiro Yoshida karena telah mengajaknya berkeliling fasilitas Kumamoto.

Pernyataan penggunaan sensor kamera Sony selama lebih dari satu dekade sangat penting karena Apple cenderung tertutup soal spesifikasi komponen perangkat keras yang masuk ke setiap iPhone.

Di situs resmi Apple pun, cenderung hanya mencantumkan spesifikasi setiap kamera iPhone — seperti resolusi, aperture, dan bidang pandang daripada komponen spesifik yang digunakan. Namun, spesifikasi perangkat keras cenderung kurang penting di era fotografi komputasional.

Konon, banyak laporan dan rumor industri selama bertahun-tahun telah mengarah pada penggunaan perangkat keras Sony oleh Apple.

Sebuah laporan Wall Street Journal dari 2015 mengatakan bahwa Apple menggunakan dua sensor Sony di iPhone 6, dan teardown iFixit sebelumnya telah mereferensikan nomor model Sony tertentu.

Nikkei Asia mencatat Sony dianggap sebagai pemimpin dalam pasar sensor gambar, memimpin 44 persen pangsa pasar untuk sensor gambar CMOS pada tahun lalu. Sementara, Samsung adalah terbesar kedua dengan pangsa pasar 18,5 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper