Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tidak Sulit, Ini 5 Cara Cek IMEI Xiaomi dengan Mudah dan Cepat

Cek IMEI Xiaomi perlu dilakukan sebelum Anda membeli ponsel ini. Adapun cara cek IMEI Xiaomi yang mudah dan praktis, seperti berikut.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 18 November 2022  |  18:10 WIB
Tidak Sulit, Ini 5 Cara Cek IMEI Xiaomi dengan Mudah dan Cepat
Cara Cek IMEI Xiaomi / Twitter Xiaomi Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Xiaomi merupakan salah satu ponsel yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Peredaran ponsel ini sangat masif, bahkan seringkali ditemukan ponsel Xiaomi ilegal dan tidak original. Oleh karena itu, sebelum membeli HP Xiaomi, pastikan untuk cek IMEI Xiaomi agar mendapatkan ponsel yang resmi dan asli.

Cara cek IMEI ponsel ini tidak sulit. Anda bahkan bisa mengecek secara mandiri. Bagaimana cara cek IMEI Xiaomi? Ini penjelasan selengkapnya.

Cara Cek IMEI Xiaomi di Indonesia

International mobile equipment identity atau IMEI adalah identitas yang berisi informasi seputar ponsel genggam. Identitas tersebut terdiri atas 15 digit angka yang berbeda-beda untuk setiap ponselnya.

Dengan adanya IMEI, maka Anda bisa mengetahui legalitas dari ponsel tersebut. Adapun cara cek IMEI hp Xiaomi yang benar, seperti berikut.

Cara cek IMEI Xiaomi online

Pengecekan nomor IMEI handphone Xiaomi bisa dilakukan secara online lewat situs Kementerian Perindustrian. Caranya, Anda hanya perlu membuka web imei.kemenperin.go.id.

Kemudian, masukkan nomor IMEI HP tersebut dan klik Cari atau Search. Tunggu beberapa saat sampai muncul keterangan status IMEI HP tersebut terdaftar atau tidak.

Cara ini memerlukan koneksi internet. Jadi, sebelum melakukan pengecekan, pastikan perangkat yang digunakan untuk mengecek nomor IMEI sudah terhubung dengan internet.

Cara mengecek IMEI Xiaomi menggunakan kode USSD

Cara lain untuk mengecek nomor IMEI Xiaomi yaitu menggunakan kode USSD *#6#. Buka terlebih dahulu aplikasi Telepon dan ketik kode USSD tersebut, lalu klik Call. Tunggu beberapa saat sampai muncul nomor IMEI Xiaomi.

Selain kode *#6#, cek IMEI Xiaomi juga bisa menggunakan kode *#*#4636*#*. Kemudian, ketik informasi telepon 1 dan tunggu sampai nomor IMEI muncul.

Cara cek IMEI Xiaomi resmi

Cara mengecek IMEI Xiaomi juga bisa dilihat dari pengaturan ponsel. Adapun tata caranya, seperti berikut:

  • Buka menu setting atau pengaturan di handphone Xiaomi.
  • Kemudian, klik ‘Tentang Ponsel’.
  • Setelah itu, pilih opsi ‘Status’ dan pilih ‘Informasi IMEI’.
  • Tunggu sebentar sampai nomor IMEI muncul.
  • Cek nomor IMEI Xiaomi dari mode engineer

Selain mengecek IMEI Xiaomi melalui bagian setting ponsel, Anda juga dapat mengecek IMEI melalui mode engineer atau CIT. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka kunci HP Xiaomi dan posisikan standby supaya siap digunakan.
  • Setelah itu, masuk ke menu pengaturan dan pilih menu Tentang Ponsel.
  • Tekan sebanyak 5x pada opsi versi kernel.
  • Tunggu beberapa saat sampai nomor IMEI muncul pada tampilan engineering mode. Lihat juga bagian menu SW dan HW version.

Cara melihat IMEI HP Xiaomi di box handphone

Cara termudah untuk melihat nomor IMEI Xiaomi yaitu dengan mengecek pada kardus handphone tersebut. Biasanya, nomor IMEI tertera di belakang kartu bagian bawah. Cek dan catat nomor tersebut. Anda juga bisa mengetahui status nomor tersebut (terdaftar atau tidak) pada situs Kemenperin.

Itulah penjelasan seputar cara cek IMEI Xiaomi yang perlu diketahui. Anda bisa memilih salah satu cara di atas yang dianggap paling mudah dan praktis untuk dilakukan.

Jangan lupa untuk selalu cek nomor IMEI sebelum Anda membeli handphone. Nomor tersebut menjadi bukti legalitas handphone tersebut.

Tak hanya itu, nomor IMEI juga menandakan bahwa handphone tersebut asli. Jika mendapati handphone yang nomor IMEInya tidak terdaftar, sebaiknya tidak membelinya dan segera mencari handphone lain yang resmi dan asli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imei xiaomi Cara Cek kemenperin
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top