Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak Cara Cek IMEI iPhone dengan Mudah dan Cepat

Cek IMEI iPhone bisa dilakukan dengan mudah. Simak penjelasan lengkapnya agar Anda tidak bingung saat hendak mengecek IMEI iPhone yang dimiliki.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 18 November 2022  |  18:00 WIB
Simak Cara Cek IMEI iPhone dengan Mudah dan Cepat
Simak, Cara Cek IMEI iPhone Mudah dan Cepat (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cek IMEI atau international mobile equipment identity merupakan hal wajib yang harus dilakukan ketika membeli ponsel genggam baru, tak terkecuali saat membeli iPhone. Merek handphone ternama ini sudah sejak lama masuk ke Indonesia.

Akan tetapi, seringkali dijumpai pedagang nakal yang menjual iPhone palsu. Oleh karena itu, sebelum membeli handphone baru, pastikan untuk mengecek nomor IMEI terlebih dahulu.

Lantas, bagaimana cara cek IMEI iPhone? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.  

Cara Mengecek IMEI iPhone

Sebelum mengulas seputar cara untuk cek nomor IMEI, tak ada ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu IMEI iPhone? IMEI adalah lima belas angka yang berfungsi sebagai identitas perangkat dan menjadi bukti bahwa ponsel tersebut legal.

Terdapat sejumlah cara untuk melihat IMEI iPhone. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Cek IMEI iPhone Lewat Web Kemenperin

Cara pertama yang bisa Anda pilih untuk melihat IMEI iPhone yaitu dengan mengakses website resmi Kementrian Perindustrian atau Kemenperin. Berikut tata caranya:

  • Buka web imei.kemenperin.go.id.
  • Setelah itu, masukkan nomor IMEI iPhone yang Anda miliki pada halaman utama.
  • Kemudian klik ‘Search’ dan tunggu sampai muncul informasi seputar status IMEI ponsel Anda. Apabila IMEI terdaftar, maka akan muncul tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin”.
  • Jika IMEI tidak terdaftar, maka akan muncul keterangan “IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin”. IMEI yang tidak terdaftar menandakan bahwa iPhone tersebut ilegal.

Cek IMEI iPhone Resmi Melalui Kode USSD

Selain melalui website Kemenperin, Anda juga bisa cek IMEI iPhone lewat kode *#06# pada aplikasi Panggilan atau Telepon. Setelah itu, klik Call. Tunggu beberapa saat sampai muncul nomor IMEI ponsel tersebut, lalu cocokan pada situs imei.kemenperin.go.id.

Cara Melihat IMEI iPhone via Setting iPhone

Cara lain untuk cek IMEI yaitu melalui pengaturan atau setting ponsel tersebut. Caranya yaitu buka menu Setting dan pilih opsi Umum. Setelah itu, pilih opsi Mengenai atau About.

Scroll ke bawah sampai menjumpai kolom IMEI. Lihat dan catat nomor yang tertera pada kolom tersebut, lalu cocokan dengan IMEI yang tertera di situs imei.kemenperin.go.id.

Cara Cek IMEI Lewat Situs Apple ID

Situs resmi Apple ID juga menyediakan fitur untuk cek IMEI. Caranya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs Apple ID lewat browser di PC atau laptop.
  • Masuk atau login menggunakan Apple ID yang terdaftar di iPhone Anda.
  • Gulir ke bawah dan masuk ke bagian Perangkat untuk melihat nomor seri dan IMEI.
  • Jika Anda mempunyai perangkat lain dengan iOS terbaru, maka Anda bisa masuk ke menu Pengaturan dan klik Nama Anda.
  • Gulir ke bawah untuk melihat perangkat yang masuk menggunakan ID Apple, lalu klik nama perangkat untuk melihat nomor seri dan IMEI.

Cek IMEI iPhone Resmi iBox

Perlu diketahui bahwa seluruh perangkat iPhone yang resmi, disertakan dengan IMEI. Nomor tersebut biasanya tercantum dalam bodi perangkat ini. Akan tetapi peletakan nomornya berbeda-beda tergantung jenisnya. Oleh karena itu, jika ingin melihat IMEI di bodi perangkat, maka Anda teliti dan cermat saat mengeceknya.

Demikian penjelasan seputar cara cek IMEI iPhone dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan ketika hendak membeli iPhone untuk memastikan ponsel tersebut resmi. Jika nomor IMEI tidak terdaftar, maka sebaiknya tidak membeli ponsel tersebut dan cari ponsel lain yang identitasnya jelas serta resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imei iphone kemenperin apple Cara Cek
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top