Samsung Bocorkan Rencana Apple Bakal Rilis Ipad Lipat di 2024

Khadijah Shahnaz
Selasa, 8 November 2022 | 14:20 WIB
iPad Air (2022) generasi kelima/Apple
iPad Air (2022) generasi kelima/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Eksekutif Samsung, produsen teknologi asal Korea Selatan memprediksi Apple akan mengeluarkan gadget terbarunya yaitu Ipad lipat pada 2024. 

Dilansir dari GSMArena, Selasa (8/11/2022), Samsung Mobile Experience (MX) mengadakan pertemuan dengan pemasok komponen yang membahas beberapa topik menarik termasuk mengenai strategi ponsel lipatnya.

Sebuah laporan dari TheElec merinci bahwa Samsung memperkirakan hingga 80 persen tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) untuk ponsel lipatnya hingga 2025.

Samsung mengonfirmasi permintaan yang tinggi untuk ponsel lipatnya di pasar dalam negeri dan pengguna iPhone Korea Selatan berusia 20-an dan 30-an mulai beralih ke ponsel lipat Samsung pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada sebelumnya. Samsung mengklaim adanya peningkatan 3x hingga 4x lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. 

Pejabat Samsung MX memprediksi Apple akan merilis ponsel lipat pertamanya pada 2024, meskipun itu bukan iPhone tetapi tablet atau komputer notebook yang dapat dilipat.

Klaim baru ini sejalan dengan laporan sebelumnya dari CCS Insight. Samsung juga percaya 90 persen pengguna ponsel lipat saat ini juga akan mendapatkan ponsel lipat sebagai perangkat mereka berikutnya.

Masuknya Apple yang diantisipasi ke dalam perangkat lipat tidak akan datang dari iPhone tetapi iPad. Demikian kata laporan prediksi tahunan CCS Insight.

Sebelumnya CCS Insight mengatakan Apple bakal meluncurkan iPad lipat pada 2024 dalam sebuah langkah melawan tren sebagian besar pembuat lainnya.

Logika di balik laporan CCS adalah bahwa iPhone lipat akan berisiko bagi Apple karena dapat mencopot penjualan iPhone konvensional. Laporan tersebut melanjutkan bahwa Apple perlu menetapkan harga iPhone lipat setidaknya US$2.500 atau Rp39 juta yang mana lebih mahal dibandingkan iPhone Pro Max saat ini.

Menurut Kepala Riset CCS, Ben Wood, Apple ingin menghindari masalah teknis dengan ponsel lipat dan lebih memilih untuk "mencelupkan jari kakinya" ke ponsel lipat melalui tablet. 

Sumber lain, yaitu orang dalam dan analis Apple terkenal Ming-Chi Kuo, mengatakan bahwa Apple dapat meluncurkan iPhone lipat pada 2024. Jadi konsensusnya adalah Apple akan meluncurkan perangkat lipat dalam waktu dua tahun.

Laporan CCS selanjutnya mengatakan bahwa Apple akan memperkenalkan modem 5G sendiri pada 2025. Langkah ini akan memungkinkan Apple, yang saat ini bergantung pada modem 5G Qualcomm, untuk mengintegrasikan modemnya sendiri ke dalam chipset seri-A untuk solusi chip tunggal di perangkatnya.

Apple mengakuisisi bisnis modem Intel pada 2019 dan dilaporkan terus mengembangkan kemampuan modem internalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper