Telkomsel Akan Pacu Pembangunan Ribuan BTS USO di Wilayah 3T

Oktaviano DB Hana
Selasa, 8 November 2022 | 13:20 WIB
Ilustrasi - Menara BTS di kawasan Pasar Detusoko, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur/JIBI/Bisnis/Suselo Jati
Ilustrasi - Menara BTS di kawasan Pasar Detusoko, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur/JIBI/Bisnis/Suselo Jati
Bagikan

Bisnis.com, LARANTUKA - PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) berencana mengembangkan ribuan base transceiver station (BTS) universal service obligation (USO) 4G/LTE di wilayah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T).

Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications Telkomsel, menjelaskan saat ini pihaknya terus melangsungkan upaya pembangunan infrastruktur jaringan dan layanan broadband bersama para pemangku kepentingan sesuai dengan peta jalan perluasan dan pemerataan jaringan. 

Dengan upaya kolaboratif untuk membuka akses terhadap jaringan broadband terdepan bagi pelanggan di wilayah 3T, jelanya, Telkomsel berharap dapat bersama-sama membuka peluang percepatan transformasi perekonomian nasional.

“Ke depannya, Telkomsel akan terus mendukung pemerintah dalam mengakselerasikan ribuan BTS USO 4G/LTE,” ungkap Saki kepada tim Jelajah Sinyal dari Bisnis Indonesia, Senin (7/11/2022).

Saki memerinci, pengembangan ribuan BTS USO 4G/LTE akan direalisasikan dengan alokasi wilayah Area 2 (Nusa Tenggara), Area 3 (Kalimantan), Area 4 (Sulawesi), Area 5 (Maluku) Area 6 (Papua Barat), Area 7 (Papua Tengah Barat), Area 8 (Papua Tengah Utara), dan Area 9 (Papua Timur Selatan).

Adapun hingga kuartal III/2022, pertumbuhan BTS Telkomsel mencapai 6 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Total BTS Telkomsel lebih dari 260.000 unit yang melayani 95 persen wilayah populasi di Indonesia. 

Saki menambahkan sejak awal 2022, Telkomsel juga telah mengoperasikan tambahan lebih dari 480 unit BTS untuk mengakselerasi adopsi dan adaptasi gaya hidup digital pelanggan di wilayah Flores.

“Sehingga secara keseluruhan melengkapi lebih dari 1.000 unit BTS di Provinsi Nusa Tenggara Timur,” ungkapnya.

Terpisah, Pejabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi mengapresiasi langkah pemerintah dan juga pemangku kepentingan di sektor telekomunikasi yang telah mendukung perluasan dan peningkatan layanan internet di daerah.

Menurutnya, upaya pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang mendorong percepatan dan perluasan jaringan telekomunikasi di daerah patut diapresiasi. Apalagi, jelas dia, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo juga terus menambah jaringan di daerah Flores Timur yang juga masuk daerah 3T. 

Selain itu, Doris menilai layanan internet yang diberikan operator seluler mengalami peningkatan dari sebelumnya, termasuk dari Telkomsel.

“Layanan yang ada di Flores Timur mendapat perhatian yang sangat baik,” jelas Doris saat ditemui tim Jelajah Sinyal 2022, Senin (7/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper