Telkomsel Terus Pacu Pemerataan Layanan Internet, Termasuk di Area 3T

Oktaviano DB Hana
Selasa, 8 November 2022 | 07:25 WIB
Tim Jelajah Sinyal 2022 melakukan tes kecepatan mobile internet di Pantai Kabo Ono di Utara Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Minggu (6/11/2022)/JIBI/Bisnis/Suselo Jati
Tim Jelajah Sinyal 2022 melakukan tes kecepatan mobile internet di Pantai Kabo Ono di Utara Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Minggu (6/11/2022)/JIBI/Bisnis/Suselo Jati
Bagikan

Bisnis.com, LARANTUKA - PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) menegaskan akan terus meningkatkan layanan internet ke seluruh pelosok negeri, termasuk di wilayah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T).

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam menghadirkan konektivitas digital berteknologi terdepan yang merata dan setara di seluruh pelosok negeri dengan terus melanjutkan peningkatan atau pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE. 

Langkah peningkatan layanan jaringan itu, jelasnya, merupakan upaya Telkomsel dalam meningkatkan pengalaman konektivitas digital pelanggan dengan teknologi jaringan broadband terdepan secara berkelanjutan, mengakselerasi adopsi dan adaptasi gaya hidup digital pelanggan melalui pemanfaatan teknologi telekomunikasi yang inklusif.

"Sekaligus membuka peluang percepatan transformasi perekonomian nasional ke depan,” jelas Saki kepada tim Jelajah Sinyal dari Bisnis Indonesia, Senin (7/11/2022).

Seperti diketahui, Telkomsel yang merupakan anak usaha dari BUMN, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. atau TLKM, melakukan proses upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur sejak Maret 2022. Untuk itu, Telkomsel menargetkan 504 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. 

“Guna memperluas cakupan penyediaan akses terhadap teknologi, sebagai leading digital telco Telkomsel juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan penyedia gawai pintar dalam menghadirkan paket bundling smartphone 4G dan kartu uSIM Telkomsel PraBayar beserta paket datanya dengan harga yang terjangkau,” jelas Saki.

Sejalan dengan upaya-upaya tersebut, sambung Saki, Telkomsel pun turut mengambil peran dalam pembukaan akses jaringan di wilayah 3T. Saki menjelaskan langkah itu dilakukan dengan pengembangan base transceiver station (BTS) universal service obligation (USO) 4G/LTE di wilayah 3T.

Telkomsel memperkuat kolaborasi bersama pemerintah dan para pemangku kepentingan untuk menggelar ribuan infrastruktur BTS USO 4G/LTE di wilayah 3T, terutama yang belum mendapatkan akses jaringan telekomunikasi broadband,” ungkapnya.

Terpisah, Pejabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi mengapresiasi langkah pemerintah dan juga pemangku kepentingan di sektor telekomunikasi yang telah mendukung perluasan dan peningkatan layanan internet di daerah.

Menurutnya, upaya pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang mendorong percepatan dan perluasan jaringan telekomunikasi di daerah patut diapresiasi. Apalagi, jelas dia, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo juga terus menambah jaringan di daerah Flores Timur yang juga masuk daerah 3T. 

Selain itu, Doris menilai layanan internet yang diberikan operator seluler mengalami peningkatan dari sebelumnya, terutama dari Telkomsel.

“Layanan yang ada di Flores Timur mendapat perhatian yang sangat baik,” jelas Doris saat ditemui tim Jelajah Sinyal, Senin (7/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper