Jelajah Sinyal: Infrastruktur Telko Flores Timur Terus Berkembang

Albertus Agung Moa Padji dan Oktaviano Donald
Selasa, 8 November 2022 | 06:49 WIB
Pejabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi berpose seusai wawancara dengan Bisnis Indonesia di Larantuka, Nusa Tenggara Timur, Senin (7/11/2022)/JIBI/Bisnis/Suselo Jati
Pejabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi berpose seusai wawancara dengan Bisnis Indonesia di Larantuka, Nusa Tenggara Timur, Senin (7/11/2022)/JIBI/Bisnis/Suselo Jati
Bagikan

Bisnis.com, LARANTUKA -  Infrastruktur telekomunikasi di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Hal itu diungkapkan Pejabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi saat ditemui tim Jelajah Sinyal 2022 dari Bisnis Indonesia, Senin (7/11/2022).

Dia memerinci, perluasan jaringan infrastruktur telekomunikasi dan layanan internet itu terjadi di Kabupaten Flores Timur yang meliputi area daratan Flores dan juga di area kepulauan, terutama Adonara dan Solor. 

“Kebutuhan akan layanan telekomunikasi itu sangat besar karena telekomunikasi mendekatkan akses, memberikan pengetahuan kepada seluruh warga untuk memanfaatkan informasi sebagai upaya pemberdayaan ekonomi keluarga maupun kelompok serta daerah,” ungkapnya kepada tim Jelajah.

Doris mengapresiasi langkah pemerintah dan juga pemangku kepentingan di sektor telekomunikasi yang telah mendukung perluasan dan peningkatan layanan internet di daerah.

Menurutnya, upaya pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang mendorong percepatan dan perluasan jaringan telekomunikasi di daerah patut diapresiasi.

Apalagi, jelas dia, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo juga terus menambah jaringan di daerah Flores Timur yang juga masuk daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T). 

Dia mengatakan pengembangan menara base transceiver station (BTS) juga terus dilakukan oleh perusahaan penyedia layanan tower dan Bakti. Di sisi lain, Bakti terus memperluas jangkauan dengan menyediakan very small aperture terminal atau VSAT untuk memberikan layanan internet berbasis satelit.

Selain itu, Doris menilai layanan internet yang diberikan operator seluler mengalami peningkatan dari sebelumnya, termasuk dari PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel).

“Layanan yang ada di Flores Timur mendapat perhatian yang sangat baik. Apalagi ada upaya dari  Kominfo melalui Bakti,” jelas Doris.

Kendati begitu, Doris mengakui bahwa masih terdapat sejumlah titik atau area yang tanpa sinyal dan layanan internet atau blankspot.

Oleh karena itu, pihaknya meminta pemerintah pusat dan juga pemangku kepentingan di sektor telekomunikasi untuk terus meningkatkan cakupan layanan.

“Kami juga sedang mengusulkan beberapa tower BTS yang sampai saat ini masih diproses dan kami belum mendapat kepastian alokasinya, tapi pada umumnya Bakti telah melakukan pendirian tower yang sangat baik sehingga seluruh masyarakat Flores Timur sangat mendukung,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper