Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Viral! Tidak Punya STB, Tak Bisa Nonton TV, Bocah Guling-guling di Lantai

Baru-baru ini, beredar video seorang anak kecil yang menangis berguling di lantai karena tidak bisa menonton siaran yang sering ditontonnya.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 04 November 2022  |  22:30 WIB
Viral! Tidak Punya STB, Tak Bisa Nonton TV, Bocah Guling-guling di Lantai
Seorang anak menangis karena tidak bisa menonton siaran kesayangannya di TV analog. - Tiktok
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beredar video anak kecil yang menangis sambil berguling di lantai, karena siaran televisi kesukaannya tidak bisa ditonton pada pagi hari.

Peralihan TV analog menjadi digital merupakan produk turunan dari UU Cipta Kerja, tentang peraturan TV Digital. Mulai tanggal 2 November pemerintah meniadakan siaran televisi analog untuk wilayah Jabodetabek. Ini juga akan menyusul daerah-daerah lainnya.

Komisioner KPI Pusat, Hardly Stefano mengatakan peralihan dari siaran TV analog ke siaran TV digital akan memberikan masyarakat tiga manfaat TV, antara lain, suara lebih jernih dan teknologi yang canggih.

Selain itu, dengan TV digital masyarakat akan mendapatkan siaran gambar yang jernih, lebih bersih dan lebih stabil. Bahkan, dalam perangkat penerima siarannya yakni STB (set top box) terdapat sistem peringatan dini bencana atau early warning system yang dapat digunakan sebagai alarm memperingatkan masyarakat dari bahaya bencana seperti gempa bumi atau tsunami.

“Ada fitur yang terkoneksi BMKG dan bisa langsung disiarkan,” ujarnya.

Kini, masyarakat wajib memiliki set top box untuk mendapatkan menonton siaran digital. Set top box tv digital adalah alat pengonversi sinyal digital berupa gambar dan suara agar dapat ditampilkan melalui TV analog tanpa memerlukan parabola khusus.

STB tidak memerlukan antena parabola dalam menerima sinyal digital, dan cukup menggunakan antena TV biasa atau UHF. Harga STB sangat bervariasi mulai dari Rp50.000-Rp200.000.

Video seorang anak yang menangis-nangis di lantai menjadi  salah satu cerminan kondisi masyarakat yang belum memiliki STB.

"Pak Jokowi, anak saya ngamuk. Saya tidak bisa membeli set top box. Boro-boro buat beli begituan, buat jajan aja ngos-ngosan," tulisnya akun Nurlelah di Tiktok, Jumat (4/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

set top box Cipta Kerja tv digital
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top