Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Perkuat Keamanan Siber, PSE Diminta Siapkan Tiga Hal Ini

PSE harus mempunyai Data Protection Officer (DPO), serta teknologi enkripsi, dan tersedianya talenta digital.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 28 Oktober 2022  |  08:08 WIB
Perkuat Keamanan Siber, PSE Diminta Siapkan Tiga Hal Ini
Ilustrasi kejahatan siber. - Reuters/Kacper Pempel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) diminta melakukan sejumlah hal dalam rangka memperkuat keamanan siber guna mengurangi terjadinya insiden kebocoran data.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan keamanan siber saat ini jadi bagian penting dalam kedaulatan digital setiap negara.  

“Sistem cybersecurity sangat luas, termasuk resiliensi dan sovereignty satu bangsa. Jadi, harus ada upaya untuk memastikan keamanan sibernya terjaga dengan baik," kata Johnny dalam siaran pers, Kamis (27/10/2022).

Dia menyebut, Undang-undang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP) telah mengatur bahwa PSE harus mempunyai Data Protection Officer (DPO). Ada tiga hal yang perlu dilakukan agar bisa memperkuat ketahanan sistem keamanan siber.

Adapun tiga hal tersebut, sambung Johnny memerinci, mencakup teknologi enkripsi, tersedianya talenta digital dan cybersecurity digital talent-nya di semua PSE. 

"Sebab, kebocoran [data] bisa berasal dari dalam bukan dari luar,” tegasnya.

Lebih lanjut dia menekankan dalam pengembangan ekonomi digital, keamanan siber jadi bagian penting dalam menjaga kedaulatan digital suatu bangsa.

Penjagaan keamanan siber yang memadai, imbuh Menkominfo, harus jadi perhatian bersama seluruh pihak terutama ketika serangan siber meningkat.

“Saya ingin mengingatkan kepada seluruh penyelenggara SE baik privat maupun publik, domestik maupun global untuk memperhatikan daya tahan terhadap serangan siber di upstream [jaringan/network], pastikan juga di seluruh end point-nya mempunyai daya tahan yang cukup terhadap serangan-serangan siber. Saya minta dengan hormat,” tutur Johnny.

Dia menambahkan, Kemenkominfo akan mendukung BSSN sebagai regulator yang akan melakukan monitoring terhadap seluruh daya tahan dan sistem siber di Tanah Air. Hal ini, tentu perlu didukung oleh kemampuan PSE yang mempunyai sistem dengan siber security yang resilient.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

serangan siber keamanan siber kejahatan siber badan siber dan sandi nasional (BSSN)
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top