Inilah 5 Penyebab CCTV Tidak Online pada Smartphone Anda dan Cara Mengatasinya

Sholahuddin Al Ayyubi
Jumat, 26 Agustus 2022 | 16:32 WIB
Kamera CCTV dari Hikvision/ Istimewa
Kamera CCTV dari Hikvision/ Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Penggunaan CCTV outdoor semakin banyak diminati baik untuk kepentingan pribadi di rumah maupun perusahaan, tempat bisnis, dan lainnya. Fungsi dan tujuan penggunaan kamera CCTV juga semakin beragam sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Tambah lagi, perkembangan teknologi semakin canggih membuat kinerja CCTV makin baik. Jika sebelumnya hasil rekaman CCTV hanya bisa dipantau dari monitor, kini semakin mudah dan canggih karena bisa dipantau dari smartphone atau ponsel pintar.

Pemilik atau pengguna CCTV kini dapat memantau area yang dilindungi CCTV secara realtime dari mana saja. Hal ini ikut mendorong penggunaan CCTV yang masif di masyarakat.

Penggunaan Kamera CCTV Outdoor

Biasanya, kamera CCTV digunakan untuk memantau aktivitas dan kondisi di luar ruangan. Tempat seperti perumahan, pertokoan, gudang, pabrik, parkiran dan area luar ruangan lainnya biasanya menggunakan kamera CCTV.

Perkembangan teknologi membuat ekspektasi dan keinginan konsumen terhadap CCTV juga makin tinggi. Kamera CCTV yang terkoneksi dengan smartphone makin diminati masyarakat.

Dengan fitur kamera CCTV terhubung dengan smartphone, pengguna dapat memantau dari jarak jauh.  Biasanya fitur ini didukung oleh penggunaan teknologi cloud. Selain smartphone, penggunaan teknologi cloud membuat kamera CCTV dapat terhubung dengan perangkat lain seperti komputer dan laptop.

Jika ingin memanfaatkan kamera CCTV sebagai pemantau jarak jauh, Anda bisa mencari perangkat yang dilengkapi dengan teknologi cloud. Saat ini, hampir semua smart CCTV camera telah dilengkapi dengan teknologi cloud yang memungkinkan pemantauan dari jauh dengan perangkat yang sudah terkoneksi. 

Meskipun banyak CCTV saat ini bisa dipantau dari jauh menggunakan smartphone, tetapi kadang terdapat gangguan yang mengakibatkan kamera dan ponsel tidak terkoneksi atau video tidak bisa dilihat secara realtime di smartphone

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat kamera CCTV tidak online di smartphone, sehingga tidak bisa memantau rekaman dari jarak jauh. Di bawah ini adalah ulasan lengkap untuk mengetahui apa saja sebab sekaligus solusi CCTV yang tidak online pada ponsel Anda.

  1. CCTV Outdoor Tidak Memiliki Akses Internet

Penyebab pertama yang mengakibatkan CCTV tidak online pada smartphone yaitu karena tidak adanya akses Internet. Kamera CCTV wireless membutuhkan jaringan atau akses Internet agar setiap perangkat dapat bekerja dengan baik.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan jika kamera CCTV memiliki akses Internet yang stabil dan lancar. Disarankan menggunakan akses Internet kabel seperti LAN atau melalui WiFi sehingga kamera pengintai bekerja dengan optimal.

Pastikan Anda menggunakan layanan penyedia Internet dengan tipe yang sesuai dengan jenis kamera CCTV yang tersedia. Jaringan Internet tersebut dapat terkoneksi dengan kamera CCTV dan bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

  1. Pengaturan pada Perangkat CCTV Kurang Tepat

Pengaturan atau setting yang kurang tepat juga bisa membuat perangkat CCTV tidak bisa diakses dari jarak jauh atau secara online menggunakan smartphone. Untuk menghindari hal ini, maka Anda memperhatikan dengan baik pengaturannya.

Jangan lupa untuk memastikan CCTV sudah bisa dilihat dari smartphone saat akan meninggalkan rumah. Jika Anda masih merasa awam tentang instalasi CCTV outdoor maka bisa gunakan jasa instalasi profesional agar tidak terjadi kesalahan saat mengatur perangkat.

  1. CCTV Tidak Dalam Posisi On (Hidup)

Penyebab CCTV tidak online pada smartphone berikutnya ialah CCTV dalam keadaan mati. Oleh karena itu, hal yang perlu Anda pastikan saat CCTV tidak online di ponsel ialah memastikannya CCTV dalam keadaan hidup.

Biasanya, ada beberapa ciri yang menunjukkan jika CCTV berada dalam keadaan mati seperti dengan melihat lampu indikator, mengamati pergerakan CCTV PTZ, mengecek konektivitas WiFi dan lainnya.

Namun kadang terdapat suatu keadaan di mana lampu indikator yang hidup tidak menjamin jika CCTV dalam keadaan hidup. Hal tersebut kemudian membuat CCTV tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

  1. Smartphone Tidak Memiliki Jaringan Internet yang Stabil

Selain tidak ada akses Internet pada perangkat CCTV, hal lain yang juga mengakibatkan rekaman tidak online di smartphone ialah jaringan Internet tidak stabil. 

Hal tersebut bukanlah peristiwa langka ataupun asing bagi masyarakat Indonesia mengingat banyaknya penyedia layanan yang terkendala akibat cuaca yang ekstrim. Cuaca ekstrim tersebut yang kemudian biasa disebut dengan keadaan maintenance suatu jaringan Internet.

Selain itu, pastikan juga smartphone Anda memiliki kuota Internet. Jika smartphone mendapatkan sinyal kuat dan stabil tapi ternyata tak ada kuota Internet yang cukup tentu tidak bisa mengakses CCTV dari jauh.

  1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan pada Smartphone

Tidak hanya itu, penyebab CCTV yang tidak online di smartphone yaitu karena terlalu banyaknya aplikasi yang sedang berjalan.. Hal tersebut yang kemudian menyebabkan streaming CCTV menjadi tersendat dan tidak bisa ditampilkan.

Biasanya hal ini terjadi pada smartphone yang menggunakan penyimpanan atau RAM kecil sehingga kinerja smartphone tidak bekerja secara maksimal karena keterbatasan media penyimpanan yang dimiliki.

Solusi yang tepat untuk mengatasi penyebab CCTV tidak online di smartphone atau tidak dapat memutar video CCTV secara streaming yaitu dengan membersihkan aplikasi yang digunakan sebelumnya. Setelah itu, Anda bisa mulai memantau kembali video CCTV untuk menjaga keamanan di sekitar area CCTV.

Keunggulan CCTV Outdoor dengan Teknologi Hikvision AcuSense

Setelah beberapa penyebab dan solusi kamera CCTV yang tidak online di ponsel, Anda juga perlu mengetahui rekomendasi kamera CCTV yang dilengkapi dengan teknologi AcuSense. Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh salah satu kamera pengintai outdoor dari Hikvision dengan teknologi AcuSense.

  1. Rekaman CCTV dengan Pendeteksi Ancaman yang Lebih Cepat

Kelebihan pertama yang bisa didapatkan dengan menggunakan CCTV Hikvision AcuSense yaitu mendapatkan rekaman yang dilengkapi dengan pendeteksian ancaman yang lebih cepat. Bahkan, pendeteksian ancaman yang tertangkap kamera CCTV juga dilengkapi dengan peringatan ke ponsel yang terkoneksi dengan kamera CCTV.

Anda bisa menikmati kamera CCTV sebagai sistem keamanan yang berlapis. Pasalnya, sejumlah fitur lain yang ada dalam kamera pengintai bisa meningkatkan hasil rekaman CCTV di suatu tempat terutama di area luar ruangan.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa dengan tenang melakukan perjalanan jarak jauh walaupun dalam jangka waktu yang cukup lama. Rekaman video CCTV yang dipantau dari ponsel bisa membuat tempat yang dipantau CCTV lebih aman.

Hal ini juga bisa Anda terapkan untuk memantau pekerjaan karyawan kantor walaupun sedang bepergian. Setiap pekerja akan bekerja dengan optimal karena pekerjaan yang dilakukan berada di bawah pengawasan pihak pengelola.

  1. Kamera Pengintai yang Lebih Akurat

Anda juga bisa menikmati fitur kamera pengintai yang lebih akurat dengan dilengkapi teknologi AcuSense. Hal tersebut terjadi karena alarm pengingat akan segera berbunyi jika terjadi pergerakan yang mencurigakan.

Tidak hanya itu, kamera pengintai juga tergolong lebih akurat karena dapat membedakan objek yang bergerak. Anda bisa dengan mudah mendeteksi pergerakan yang mencurigakan dan dilakukan oleh orang asing ataupun suatu kendaraan yang berusaha masuk.

Peringatan yang tidak akurat juga bisa diminimalisir dengan penggunaan teknologi AcuSense menggunakan sistem algoritma AI. Hal tersebut dapat membuat Anda terhindar dari alarm yang diakibatkan pergerakan hewan ataupun dedaunan.

  1. Waktu Pencarian Objek dan Peristiwa Lebih Efisien

Anda juga bisa menikmati waktu pencarian objek ataupun peristiwa tertentu dengan lebih efisien menggunakan kamera CCTV Hikvision AcuSense. Video rekaman CCTV yang tersimpan dilengkapi dengan label orang ataupun kendaraan pada setiap objek yang bergerak.

Hal ini bisa membuat proses pencarian lebih efisien dan cepat ditemukan. Objek bergerak dapat dipantau secara lebih akurat. 

  1. Kamera CCTV yang Mudah Dikonfigurasi

Anda juga bisa menikmati keunggulan kamera CCTV Hikvision AcuSense yang tergolong mudah untuk dipasang maupun dikonfigurasi. Bahkan, kamera cerdas yang satu ini dapat Anda konfigurasi seperti kamera dengan mudah dan tepat walaupun dengan wawasan terkait teknologi dan alat elektronik cukup minim.

Tidak hanya itu, smart CCTV camera atau IP camera banyak dipilih oleh masyarakat karena bisa dengan mudah meningkatkan keamanan sekaligus memantau aset berharga yang dimiliki. Walaupun tergolong baru, kamera CCTV jenis ini cukup populer dan digunakan untuk mengoptimalkan bisnis dan keamanan pribadi.

IP camera juga secara perlahan mulai menggusur dan menggantikan CCTV analog. Kinerja kamera CCTV jenis ini lebih kompleks dan lengkap dengan konfigurasi yang lebih mudah untuk semua kalangan.

Ada beberapa fitur dengan kinerja kompleks yang ditawarkan oleh kamera pengintai dengan teknologi AcuSense dari Hikvision. Seperti halnya penggunaan smart zoom, face recognize, smart light serta fitur audio dari dua arah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper