Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makin Prospektif, IDC Prediksi Layanan Cloud Sentuh Rp163 Triliun pada 2025

International Data Corporation (IDC) memprediksi pasar layanan public cloud di seluruh Asia Tenggara akan mencapai US$11 miliar pada 2025.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 25 Agustus 2022  |  07:32 WIB
Makin Prospektif, IDC Prediksi Layanan Cloud Sentuh Rp163 Triliun pada 2025
Ilustrasi cloud computing
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – International Data Corporation (IDC) memprediksi pasar layanan public cloud di seluruh Asia Tenggara akan mencapai US$11 miliar atau Rp163 triliun pada 2025 dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) 5 tahun sebesar 21,5 persen.

Research Manager IDC Thailand Prapussorn Pechkaew mengatakan pihaknya memprediksikan pada 2023, layanan digital akan menguasai segala pasar di Asia Tenggara. 

Hal ini dikarenakan satu dari tiga perusahaan akan menghasilkan lebih dari 15 persen pendapatannya dari produk dan layanan digital, persentase ini meningkat dari hanya satu dari enam perusahaan pada 2020. 

Beberapa area yang menjadi prioritas negara-negara di Asia Tenggara untuk mendorong ekonomi digital mereka diantaranya adalah menjadi perusahaan yang mengandalkan data dalam pengambilan keputusan, melakukan akselerasi layanan digital, beroperasi secara otonom, dan modernisasi rantai pasokan.

IDC juga menilai pandemi Covid-19 membuat makin banyaknya perusahaan yang memindahkan mission-critical workloads mereka ke public cloud, dan pemerintah di negara-negara Asia Tenggara juga membuka kesempatan bagi para pelaku industri yang sudah teregulasi seperti finansial, asuransi, pelayanan kesehatan, sektor publik, energi, telekomunikasi, dan manufaktur untuk mengadopsi penggunaan public cloud. 

Proses adopsi hybrid dan multi cloud juga semakin cepat karena perusahaan memiliki akses ke produk-produk yang lebih baik untuk melakukan integrasi data dan interoperabilitas aplikasi pada beberapa cloud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cloud computing komputasi awan digitalisasi idc
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top