Shopee Batasi Akses Penjual yang Intip Data Pembeli, Ini Penjelasannya

Khadijah Shahnaz
Senin, 8 Agustus 2022 | 15:52 WIB
Shopee/Shopee
Shopee/Shopee
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Shopee, e-commerce milik Sea Group, menegaskan bahwa kebijakan terbaru terkait dengan pembatasan akses data pembeli, sudah dikomunikasikan dengan para penjual.

Juru bicara Shopee Indonesia mengatakan kebijakan tersebut untuk menjaga privasi dan memastikan keamanan data pengguna Shopee. Untuk berkomunikasi dengan pembeli, penjual dapat menggunakan fitur chat pada aplikasi penjual.

"Proses pengiriman oleh kurir dipastikan tidak terganggu," ujar Shopee, Senin (8/8/2022)

Shopee pun menjelaskan jika penjual ingin melihat data penjualan dan performa toko bisa menggunakan fitur Bisnis Saya di Seller Center yang akan memberikan informasi untuk membantu penjual meningkatkan performa penjualan.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com di media sosial Twitter, terlihat ada beberapa netizen yang mendukung kebijakan ini dan menolak kebijakan ini.

"Kebijakan ini bagus banget. Benar -benar melindungi pembeli dari fake COD yang sekarang lagi marak. Buat para seller tulis aja nomor resinya di paket, nanti pasti di PRINT ULANG sama pihak ekspedisi, di resi dr pihak ekspedisi pasti bakal muncul nama, no. telepon & alamat lengkap," ujar akun @prasetyo27.

Adapun, ada juga yang merasa kebijakan baru ini akan merugikan pembeli, dan dinilai kebijakan ini untuk Shopee menguasai database pembeli

"Asli ini ngerugiin seller banget, seler jadi ga punya database pelanggan, ini alesan shopee aja buat ngelindungin customer apa emang akal akalan buat menguasai database? Hadeh," ujar akun @umenlukman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper