Kemenkominfo Kembangkan Talenta Digital Game Lewat IGDX 2022

Khadijah Shahnaz
Sabtu, 9 Juli 2022 | 12:31 WIB
Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Asosiasi Game Indonesia (AGI) kembali menggelar Indonesia Game Developer Exchange (IGDX). Acara yang sudah digelar dari 2019 merupakan wadah pengembangan peningkatan kapasitas dan kapabilitas game developer Indonesia.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan menyampaikan bahwa besarnya pasar pengguna game di Indonesia , tetapi belum dapat dimaksimalkan potensinya. Maka dari itu adanya IGDX diharapkan dapat memaksimalkan potensi serta mendorong penguasaannya oleh game developer Indonesia,

“Berdasarkan laporan Peta Ekosistem Industri Game Indonesia 2021 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kominfo dan Niko Partners melaporkan bahwa pendapatan segmen game indonesia pada platform mobile dan PC mencapai US$1,074 miliar,” Semuel dalam keterangan resmi, Sabtu (9/7/2022)

Samuel juga mengatakan pada tahun lalu, pelaksanaan IGDX memberikan potensi peluang kerja sama bisnis senilai US$7,1 juta dan US$3,3 juta yang terealisasi.

IGDX 2022 memiliki rangkaian program utama, yaitu: IGDX Academy, IGDX Business, IGDX Career, dan IGDX Conference. Program-program ini diharapkan mampu meningkatkan industri game developer Indonesia dan menjadi medium bagi stakeholders global untuk berbagi pengetahuan.

IGDX Academy merupakan pelatihan dari mentor berpengalaman di industri game lokal dan global selama tiga bulan yang akan digelar secara online mulai dari 18 Agustus-16 November 2022. Peserta yang ditargetkan tahun ini menjadi peserta IGDX Academy adalah 21 studio level Advance, dan 15 studio level Intermediate. Seluruh peserta akan difasilitasi dengan mentor-mentor dari dalam dan luar negeri yang telah berpengalaman di industri game secara global.

IGDX Career merupakan ajang mempertemukan pencari dan pemberi kerja khusus dari perusahaan game di Indonesia yang akan berlangsung secara online melalui platform Redy. Lebih dari 20 perusahaan game dan 1.000 pencari kerja yang memiliki portofolio diharapkan dapat dipertemukan selama pelaksanaan IGDX Career 2022.

IGDX Business merupakan acara yang menghubungkan developer dengan penerbit (publisher) game, studio game, pemerintah, hingga investor baik dari dalam maupun luar negeri. Pada tahun 2021, IGDX Business yang dilaksanakan secara online, namun tahun 2022 akan dilaksanakan secara penuh offline di Bali pada 15-16 Oktober 2022.

Sedangkan, IGDX Conference adalah konferensi yang akan dihadiri oleh para pembicara ternama dan berpengalaman di tingkat nasional dan global dalam industri game dan investasi. IGDX Conference akan terbuka untuk masyarakat umum yang ingin mengetahui tren serta tantangan terkini industri game. Acara ini direncanakan akan berlangsung secara offline di Bali pada 14-15 Oktober 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper